Visit Sumenep Pesta Rakyat Festival Ketupat

  • Whatsapp
Festival Ketupat tahun 2018 sebagai rangkaian kegiatan Tahun Kunjungan Wisata (Visit Sumenep) 2018

SUMENEP, beritaLima – Pemerintah Kabupaten Sumenepmelalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Festival Ketupat tahun 2018 sebagai rangkaian kegiatan Tahun Kunjungan Wisata (Visit Sumenep) 2018.

Salah satu kreasi dalam festival ketupat didokumentasi oleh Wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi

Kegiatan tersebut dipusatkan di Wisata Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Sabtu (23/06).

Festival Ketupat ini dikemas dalam 2 kegiatan, yakni Lomba Masakan Ketupat dan Lomba Kreasi Ketupat dengan Kegiatan bertajuk event pesta rakyat kupatan dan festival ketupat.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, MSi menyatakan bahwa Kegiatan ini harus selalu digelar setiap tahun agar budaya warisan leluhur nenek moyang tidak hilang.

Selain itu, pada tahun 2018 Pemkab Sumenep mencanangkan program tahun kunjungan wisata (Visit) untuk menarik para wisatawan berdatangan ke Kabupaten yang berada di ujung timur pulau Garam Madura.

“Tahun 2018 ini, kami (Pemkab Sumenep, red) mencanangkan program Visit,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Orang nomor satu di Kabupaten Sumenep ini, pihaknya berharap adanya keterlibatan langsung semua elemen masyarakat dalam mensukseskan program Visit Sumenep 2018. Sebab, jika banyak wisatawan yang berdatangan ke Bumi Sumekar ini, maka secara otomatis perekonomian masyarakat akan mengalami peningkatan.

“Banyak manfaat dari program Visit 2018 ini, diantaranya bisa meningkatkan pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kegiatan ini diikuti oleh 52 peserta yang berasal dari berbagai instansi di Sumenep, baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Sumenep. Sedangkan yang dilombakan adalah lomba menu ketupat, dan lomba kreatifitas membuat orong (wadah) ketupat.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *