Wabup Irwan: Vanili Akan Jadi Salah Satu Produk Unggulan Bondowoso

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar saat menerima kunjungan Pemkab Jembrana Bali di Kantor Dinas Pertanian Bondowoso (Rois beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Jembrana mengunjungi Kabupaten Bondowoso, tepatnya ke Dinas Pertanian, Selasa (10/3/2020). Kunjungan tersebut dalam rangka studi tiru pengembangan tanaman Vanili di Bondowoso yang sudah mulai berkembang.

Kedatangan rombongan dari kabupaten di Provinsi Bali itu, disambut langsung oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Kepala Dinas Pertanian Dwi Wardana, dan Ketua Asosiasi Vanili Indonesia Siginting.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, menerangkan, dengan adanya kunjungan ini, justru akan membuat pihak terkait lebih intens untuk membumikan bagaimana Bondowoso sebagai pusatnya dan lumbungnya vanili. Bahkan, vanili bisa menjadi produk unggulan ke dua setelah kopi.

“Pertama saya terima kasih kepada Pemkab Jembrana yang sudah menjadikan Bondowoso sebagai tempat tujuan untuk belajar bidang perkebunan vanili. Saya juga terimakasih kepada Pak Siginting sebagai Ketua Asosiasi Vanili Indonesia, yang kebetulan juga orang Bondowoso, dan betul-betul bisa membawa nama Bondowoso,”urainya.

Dirinya mengaku bahwa selain berbicara banyak hal tentang vanili. Dirinya pun juga menyampaikan sejumlah potensi lain di Bondowoso, baik di bidang peternakan, perkebunan, mau pun pertanian.

“Tadi saya sudah sampaikan juga punya unggulan lainnya. Disini juga punya peternakan, dan bidang lainnya yang memang Pemkab Jembrana harus mengetahui secara utuh mengenai potensi yang ada di Bondowoso. Sehingga Bondowoso bisa menjadi tempat rujukan mereka belajar baik di bidang peternakan dan bidang lainnya,”pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama I Made Kembang Hartawan , S.E., M.M, Wakil Bupati Kabupaten Jembrana, kepada awak media mengatakan, kedatangannya ke Bondowoso untuk melihat secara langsung, praktek pertanian vanili di Bondowoso.

Terlebih, selama ini Ketua Asosiasi Vanili Indonesia Siginting, yang tak lain orang Bondowoso sudah seringkali melatih petani di Jembrana terkait budidaya vanili..

“Saya memang sengaja secara khusus datang kesini untuk belajar lebih teknis dan detail. Melihat langsung keberadaan petani vanili. Karena disini P. Ginting adalah pengurus vanili Indonesia. Pak Ginting sering datang ke Jembrana untuk memberikan l motivasi, pelatihan kepada petani-petani kami di Jembrana,” Imbuhnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait