Wabup Madiun Minta BUMD Terus Berinovasi

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Wakil Bupati Madiun, Jawa Timur, H. Hari Wuryanto, minta kepada BUMD terus berinovasi.

Hal tersebut disampaikannya saat Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Laporan Kinerja Triwulan III BUMD Kabupaten Madiun tahun 2022.

Selain dewan pengawas dan pimpinan OPD terkait, rakor ini juga dihadiri tiga Dirut BUMD milik Pemkab Madiun. Yakni Dirut Bank Madiun, Velly Murdianto, Dirut Madiun Umbul Square, R. Afri Handoko dan Dirut PDAM, Sumariono.

Diawal rapat, ketiga dirut BUMD tersebut secara bergiliran memaparkan pencapaian maupun kondisi perusahaan yang mereka pimpin hingga bulan September (triwulan III 2022). Seperti target realisasi setoran PAD, realisasi pendapatan rata-rata perbulan, perkembangan kinerja dan laba, strategi optimalisasi pendapatan perusahaan dan lainnya.

Yang menarik, saat dirut PDAM memaparkan produk air mineral merk ‘Yoiki’ yang merupakan produknya dan menggambarkan trend positif dalam penjualannya. Menariknya lagi, dalam program kepedulian sosial untuk masyarakat Kabupaten Madiun, pihaknya memberikan pemasangan sambungan gratis untuk keluarga anak penderita stunting.

Sementara itu, Wabup selaku KPM (Kuasa Pemilik Modal) dalam arahannya minta kepada tiga BUMD agar benar-benar bisa memberikan kontribusi (PAD) kepada Pemkab, selain berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jika disimak dari paparan para Dirut, Wabup menilai kinerja BUMD sudah baik namun belum maksimal.

Untuk itu, Wabup minta adanya pemikiran yang inovatif dari BUMD sebagaimana ide yang dilontarkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Saat itu, ketika Gubernur Jatim melihat air mineral produk PDAM merk “YOIKI”, spontan, keluar ide dari gubernur, bahwa kepanjangan YOIKI adalah, YO (Yang harus dilakukan Organisasi/Badan Usaha supaya bisa selalu survive) adalah IKI (Inisiatif Kolaboratif Inovatif).

“Saya ingin BUMD kita bisa mewujudkan ide dari Bu Gubernur Khofifah itu,” pinta H. Hari Wuryanto. (Dibyo).

H. Hari Wuryanto (kiri) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait