Wadan Lantamal V Hadiri Peringatan Hari Hadi ke71 Jatim

  • Whatsapp

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E.,M.M. menghadiri upacara peringatan puncak  Hari Jadi Ke-71 Provinsi Jawa Timur tahun 2016 yang digelar di pelataan Gedung Grahadi, Surabaya (12/10).

Puncak peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur tahun 2016 yang mengusung tema “Dengan Semangat Kerja Nyata, Mari Kita Mantapkan Jawa Timur Sebagai Provinsi Industri Berbasis UMKM”. Ini dipimpin langsung  Gubernur Jawa Timur , Dr. Soekarwo dengan Komandan Upacara Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, I Made Sukarta.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Wagub Jatim Drs. Saefullah Yusuf beserta istri, Pangdam V/ Brw, Komandan Kodiklatal, Gubernur AAL, Kapolda Jatim,  Kasarmatim,  Komandan Pasmar-1, Komandan STTAL, Komandan Kodikopsla, Kasgartap III Surabaya, Wadan Lantamal V, Danlanud Surabaya dan 3000 undanga lainnya.

“Jumlah undangan ada 3.000 orang, juga ada perwakilan negara-negara sahabat, juga seluruh bupati/walikota se-Jawa Timur turut hadir,” kata Kepala Biro Administrasi Umum, Hisbul Wathon.

Selain upacara, pada Rabu pagi, malam juga akan digelar syukuran dan ditandai dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng di Grahadi.

Penetapan hari jadi Provinsi Jatim didasarkan Pasal 18 Undang-undang Dasar 1945 pada tanggal 19 Agustus 1945 yang PPKI dibentuklah provinsi dan penentuan para gubernurnya. Untuk Pertama kalinya, R.M.T. Soeryo yang kala itu menjabat Residen Bojonegoro ditunjuk sebagai Gubernur Jawa Timur pertama.

R.M.T Soeryo yang dilantik tanggal 5 September 1945, sampai tanggal 11 Oktober 1945 harus menyelesaikan tugas-tugasnya di Bojonegoro, dan baru pada 12 Oktober 1945 boyong ke Surabaya yang ditetapkan menjadi Ibukota Provinsi Jawa Timur.

Atas dasar pertimbangan perjalanan sejarah inilah, maka diterbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Pada acara puncak tersebut, Gubernur Jatim menganuggrahkan penghargaan berupa  Piagam Apresiasi terhadap walikota & bupati provinsi jatim yg telah berjasa dalam mendukung kemajuan Provinsi Jawa Timur serta penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *