16 Atlet NTT Dilepas Ikut Papernas di Jabar

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Sebanyak 16 atlet asal Nusa Tenggara Timur dilepas Gubernur NTT , Frans Lebu Raya untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) ke-15 di Jawa Barat, 15 – 24 Oktober 2016.

Pada kesempatan itu, Gubernur meminta para atlet yang akan berlaga di Peparnas Jawa Barat untuk bertanding dengan sunguh-sungguh.

“ Semoga  kekuranganmu  menjadi berkah untuk semua orang, dan Saya tidak memaksa untuk membawa medali  ke NTT tapi saya selalu meminta agar tetap berjuang dengan sepenuhnya, memanfaatkan daya dan kekuatan dalam diri untuk meraih prestasi.  Prestasi yang diraih menunjukan harga diri pribadi, harga diri cabang olahraga , dan harga diri daerah. Hal ini dapat dijadikan sebagai motivasi diri. Tidak ada prestasi yang diraih tanpa perjuangan. Jalani kompetisi yang ada dengan memanfaatkan potensi yang ada sampai pada tingkat nasional”, kata Gubernur Lebu Raya saat menerima audiens Pengurus National Paralympic Commite Indonesia (NCPI) NTT, dan acara  pelepasan  16  Atlet yang akan berlaga di Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/10) di Ruang Rapat Gubernur NTT.

Ke-16 atlet tersebut berpartisipasi dalam cabang olahraga atletik. Jumlah atlit sebanyak 16 orang yang terdiri dari putra 12 orang dan putri 4 orang. Cabang olahraga yang di ambil adalah atletik, lomba lari 100 M, 200 M, 400 M, 800 M, 1500 M, 5000 M, serta di ikuti oleh tolak peluru,lempar lembing, lompat jauh dan yang terahkir adalah lari estafet 4 x 100 M dan 4 x 400 M.  Dari 16 atlit jumlah atlit tuna netra berjumlah 2 orang  putra , tuna rungu wicara berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 orang putra dan 1 putri, tuna grahita berjumlah 7 orang yang terdiri dari 5 orang putra dan 2 orang putri, tuna daksa berjumlah 3 orang yang terdiri dari 2 orang putra dan 1 orang putri. Jumlah pelatih 3 orang, oficial 3 orang dua diantaranya adalah Jesmina Hana Kore dan Lambertus Sabon,manager 1 orang dan tim ajun 1 orang. Jadi jumlah seluruh peserta National Paralympic Indonesia berjumlah 27 orang.

Secara khusus, Gubernur meminta para atlet agar mempersiapkan diri secara baik sebelum bertanding.

“Jaga kesehatan dan pola makan. Istirahat yang cukup, tidak boleh begadang. Siapkan diri, konsentrasi untuk bertanding. Jaga kekompakan dan sportivitas,” harap  Gubernur.

Ditambahkan Gubernur, Pemerintah Daerah akan segera berkoordinasi dengan Paguyuban Flobamora Bandung untuk memberikan dukungan kepada para atlet NTT yang bertanding.

Kepada para atlet, Gubernur berpesan  bahwa para atlet tetap optimis, “ menghadapi lawan  luar negeri saja bisa apalagi dalam negeri,  Saya pasti beri hadiah, tapi  sebelumnya akan dibahas bersama dahulu”, pesan Lebu Raya.

Pada kesempatan yang sama Ketua  Rombongan Viktor Halengki Haning mengatakan, 16 atlet ini ada beberapa atlet yang telah mengharumkan nama NTT hingga ke tingkat nasional.

Hal ini yang membuat Viktor Haning yakin akan memperoleh 3 Medali Emas,2 perak, 4 perunggu.  “ Saya mengatasnamakan rombongan meminta keterwakilan Pemerintah Provinsi NTT untuk ikut didalam perlombaan ini. Inilah keterbatasan kami tapi kami datang untuk mengharumkan nama NTT”, katanya.

Viktor mengharapkan insan pers dan media agar tetap mengawal kegiatan ini dan terus memberikan motivasi bagi para atlet dan dukungan penuh dari masyarakat NTT, karena kita masih memiliki kekurangan dari segi fisik.

Para peserta yang akan mewakili NTT untuk berlomba di Jawa Barat adalah hasil seleksi  atlit tahap pertama berjumlah 42 orang, tahap II sebanyak 28 orang dan seleksi tahap III dikondisikan dengan keadaan anggaran yang ada sehingga jumlah ahkirnya adalah 16 peserta. Atlet yang berasal dari  TTS 5 orang, Kabupaten Kupang 2 orang, Flores Timur 1 orang, dan Rote Ndao 1 orang. (Ang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *