Wakil Bupati Ilham Lawidu Serahkan Bantuan Perahu Untuk Nelayan Dari Kemensos RI

  • Whatsapp

Ampana – Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu, SH didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Touna, Ir. Dalfiah, MM serahkan bantuan perahu dari Kementerian Sosial RI yang merupakan Pokir Anggota DPRD RI Dapil Sulawesi Tengah Partai PDIP atas nama Matindas J.Rumambi untuk masyarakat Desa Kasiala yang diterima oleh Kepala Desa Kasiala Iwan Lakiasa, Kamis (11/5/23).

Dalam sambutannya Ilham Lawidu menyampaikan Atas Nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak Kabupaten Tojo Una-Una bersama jajarannya, karena telah berperan aktif, sehingga kampung siaga bencana mendapatkan bantuan perahu dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Seperti kita ketahui bersama, Kabupaten Tojo Una-Una terdiri dari 12 Kecamatan, 6 Kecamatan berada di wilayah Kepulauan dan 6 Kecamatan berada di daratan, masing-masing kecamatan tersebut memiliki sumber daya alam yang begitu banyak, namun juga termasuk kategori rawan bencana,” ucap Wakil Bupati.

Menurutnya, penyerahan bantuan perahu untuk Desa Kasiala ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) berbasis kawasan dan Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang telah dilaksanakan pada bulan Juli 2022 di Desa Watusongu, Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una.

“Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) berbasis kawasan dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyararat dan meluaskan jangkauan wilayah siaga bencana di Kabupaten Tojo Una-Una khususnya wilayah Kecamatan Ulubongka,”jelasnya.

Wakil Bupati katakan, kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS) merupakan program dan kegiatan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI.

“Untuk itu, saya mengajak kepada semua masyarakat yang ada di Desa Kasiala dan Paranonge ini untuk menjaga dan memelihara bantuan perahu ini agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama,”ujarnya

Wakil Bupati menambahkan, bahwa dalam rangka mengejar ketertinggalan, Pemerintah Daerah terus-menerus melakukan pembangunan diberbagai bidang termasuk bidang infrastruktur, sarana dan fasilitas transportasi perhubungan, baik antar kecamatan maupun antar desa.

“Dan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah kepada masyarakat khususnya masyarakat di wilayah pedalaman Kecamatan Ulubongka, maka tahun ini anggaran terbesar untuk pembangunan dialokasikan untuk Kecamatan Ulubongka,” ucapnya

Turut hadir Camat Ulubongka Moh. Idris Muslaeni, S. Sos. Danramil Ulubongka Kapten Inf. Lamudele, Kapolsek Ulubongka Iptu Agus Habibie, Kepala Desa Paranonge, Kepala Desa Watusongu, Kepala Desa Bonebae 1, Kepala Desa Mire, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Samba’a Raya, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

beritalima.com

Pos terkait