Wakil Ketua BPK Membuka SAI PMF Training 2018

  • Whatsapp

Jakarta – Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK), Bahrullah Akbar membuka The Supreme Audit Institution Performance Measurement Framework (SAI PMF) Training yang di Hotel Century Park, Jakarta, Selasa (30 Oktober 2018).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa, SAI PMF merupakan kerangka penilaian holistik yang terdiri dari serangkaian indikator dan laporan kinerja kualitatif yang disusun berdasarkan serangkaian bukti dukung untuk kemudian disandingkan dengan berbagai prinsip, standar, panduan, ataupun berbagai praktik terbaik yang diakui pada proses pemeriksaan sektor publik, ungkapnya kepada wartawan melalui rilis yang di kirim, Selasa (30/10).

Untuk itu, SAI PMF merupakan perangkat penilaian yang penting dalam mengindentifikasi kekuatan dan area peningkatan dalam suatu organisasi.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi sarana persiapan bagi BPK dalam menghadapi Peer Review 2019 dan langkah awal pengembangan profesi pegawai BPK, utamanya dalam menjadi independent reviewer dalam melakukan peer review terhadap SAI negara lain di masa mendatang,” imbuhnya.

Pelatihan ini berlangsung selama lima hari dan diselenggarakan bekerjasama dengan Intosai Development Initiatives (IDI).

Pelatihan ini bertujuan memberikan kesadaran (awareness), pemahaman, dan pengetahuan teknis dasar mengenai konsep dan penerapan SAI PMF dalam mengindentifikasi kekuatan dan area lain dalam organisasi yang dapat ditingkatkan melalui penilaian mandiri (self-assessment).

Pembukaan pelatihan ini dihadiri pula oleh Inspektur Utama Ida Sundari, Kepala Direktorat Utama Perencanaan Evaluasi dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara (PKN) Slamet Kurniawan, dan plh. Kepala Badan Diklat PKN Dwi Setiawan Susanto.

Pelatihan diikuti oleh 30 peserta dari BPK maupun SAI negara lain. Peserta BPK berasal berbagai unit kerja, yaitu Inspektorat Utama, Direktorat Utama Perencanaan Evaluasi dan Pengembangan PKN, Badan Diklat PKN, Biro SDM, dan AKN VI.

Juga di hadiri delapan peserta asing dari empat SAI anggota ASEANSAI, yaitu SAI Kamboja, SAI Vietnam, SAI Laos, dan SAI Thailand.

Selain fasilitator utama dari IDI Ms. Irina Sprenglewski dan Mr. Brighton Nyanga, materi pelatihan juga disampaikan oleh dua pendamping fasilitator dari BPK yaitu Felicia Yudhaningtyas dan Sainem. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *