Wakil Ketua DPRD Padang Ungkap Pentingnya Anggota Dewan Manfaatkan Masa Reses

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima — Dalam reses atau istirahat masa sidang III Tahun 2016 yang dijadwalkan mulai 1 – 5 Desember 2016, hanya 19 anggota dewan dari 45 anggota dewan yang duduk di DPRD Kota Padang mengambil jatah masa reses III tersebut.

Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra, salah satu yang memanfaatkan masa reses tersebut akan mempusatkan kegiatan resesnya di Kelurahan Gunung Panggilun dengan mengundang masyarakat di tiga kecamatan, yakni Padang Utara, Padang Barat dan Nanggalo, Sabtu(3/11/2016).

Pentingnya reses, menurutnya, selain telah diatur dalam Undang-undang, juga perlu untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait APBD 2017 yang telah disahkan belum lama ini.

“Seorang anggota dewan wajib menyampaikan hal ini sebagai pencerdasan kepada masyarakat, terutama dalam pelaksanaan penggunaan anggaran dan perolehan Bansos-hibah, serta rancangan pembangunan yang telah terealisasi sejauh mana telah berjalan,” ujar Wahyu, Jum’at (2/12).

Reses juga perlu untuk menjemput aspirasi masyarakat terkait rencana kerja Musrenbang yang sebelumnya belum masuk dalam APBD 2017 dan akan dilaksanakan pada APBD 2018. Saat reses, akan ada laporan ke kepala daerah sebagai bahan pertimbangan lewat reses tersebut.

“Bagaimana seorang dewan mau menyampaikan laporan ke kepala daerah jika ada beberapa daerah belum tersentuh pembangunan, sementara dirinya sendiri tidak melaksanakan kewajiban untuk menjemput aspirasi masyarakat dari daerah pemilihannya,” pungkas Wahyu didamping Ketua fraksi Golkar Bulan Bintang, Jumadi di ruang kerjanya.

Lebih lanjut disampaikan, sebenarnya dalam etika, ketika sudah ditentukan reses, tidak dibolehkan ada agenda lain kecuali agenda yang bersifat luar biasa. Tugas-tugas kedewanan tidak jadi persoalan. Tapi, sangat tidak etis ketika waktu untuk bersama masyarakat tidak dimanfaatkan dengan baik.

Wahyu menegaskan, untuk kader Golkar di Kota Padang yang duduk di DPRD Padang wajib mengambil reses tersebut. “Kami kader Golkar wajib mengambil reses tersebut, karena di sana sebagai bentuk bahwa kami benar-benar wakil rakyat yang memperjuangkan aspirasinya,” ungkapnya. 

(pdm/bim/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *