Walaupun Tak Masuk Anggaran, Pemkab Bondowoso Tetap Mengadakan Festival Muharram

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin bersama Wabup Irwan Bachtiar didampingi Kepala OPD saat mengecek stand pedangang di Festival Muharram 1445 H. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Setiap tahunnya, Pemerintah Daerah Bondowoso menggelar Festival Muharrom untuk menyambut tahun baru Islam 1445 H. Namun kalini sedikit berbeda daripada tahun sebelumnya.

Dimana kegiatan kalini tak masuk anggaran, jadi semua kegiatan Festival muharram merupakan hasil swadaya beberapa OPD di Bondowoso.

Acaranya dilaksanakan di Alun-alun Ki Bagus Asra, tepatnya di sekitar Monumen Gerbong Maut selama dua pekan. Yakni, mulai 24 Juli hingga 6 Agustus 2024 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag), Sigit Purnomo, menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh puluhan pelaku UMKM, BUMD, BUMS, OPD, hingga organisasi masyarakat.

Selain itu, juga ada wahana bermain yang diperuntukkan bagi masyarakat.

“Kita menyiapkan 75 tenda, wahana permainan anak juga,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya upaya Pemerintah Daerah mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Yakni, menjadi ajang bagi UMKM untuk menggelar produk unggulannya.

“UMKM sendiri menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sumber pendapatan, dan penopang pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Melihat ini, ia pun berharap semua pihak bisa bersama-sama mendukung dan mempromosikan produk-produk UMKM lokal Bondowoso.

“Kita berharap melalui festival ini dapat memperluas jaringan bisa UMKM, dan memperkenalkan produk lokal ke pada yang lebih luas,” pungkasnya.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait