Wali Kota Resmikan Gedung IGD PIE/Covid-19 RSUD Langsa

  • Whatsapp

LANGSA-ACEH, Beritalima.com| Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE meresmikan gedung instalasi gawat darurat (IGD) penyakit infeksi emerging (PIE) di Rumah sakit umum daerah (RSUD) Langsa, Jum’at (29/05).

Walikota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE dalam sambutannya mengatakan, gedung IGD PIE/ Covid-19 sebagai antisipasi kita dalam mengatasi situasi pandemi Covid-19 di Kota Langsa.

Walaupun di Kota Langsa tidak di temukan adanya masyarakat yang terjangkit Covid-19 tapi kita jangan lalai dalam Aktivitas sehari – hari.

Namun, bukan berarti Covid-19 tidak ada di Langsa kita lalai, hiduplah sesuai dengan SOP pertokol Kesehatan insya Allah kita semua tidak akan terjangkit Virus Covid-19.

“Sebagai aparat abdi Negara jangan bosan untuk selalu menghimbau warga untuk melaksanakan Phisikal Distancing dan Sosial Distancing serta menggunakan Masker dalam kehidupan bermasyarakat”, imbaunya.

Sementara itu, Direktur RSUD Langsa dr. Fardhiyani menyampaikan, gedung IGD PIE/Covid-19 ini harus terpisah dengan gedung perawatan pasien penyakit lainya,a untuk Penyakit Infeksi Emirging (PIE).

Lanjutnya, gedung ini terdiri dari 3 kamar yakni, Ruang IGD RSUD Langsa, RSUD Langsa memiliki 1 (Satu) ruangan dan 2 (Dua) tempat tidur untuk proses observasi setiap orang yang termasuk dalam kategori ODP ( Orang Dalam Pengawasan).

Orang yang tergolong ODP akan diobservasi diruangan tersebut selama 6 Jam untuk menentukan katagori ODP ringan atau sedang, dianjurkan berobat jalan dibawah pengawasan Puskesmas dimana org tersebut berdomisili.

Kemudian, Ruang Isolasi PDP ( Pasien Dalam Pengawasan), memiliki 2 (Dua) ruangan dengan 6 (Enam) tempat tidur, setiap ODP yang telah diobservasi dinyatakan ODP berat maka akan diisolasi diruang Isolasi PDP selama 14 hari kedepan.

Yang terakhir, Ruang Isolasi Pasien Positif Covid19, ruang tersebut memiliki 20 kamar, apabila kota Langsa terjadi pandemi Covid19, maka ruangan tersebut digunakan untuk proses isolasi pasien hingga dinyatakan sembuh.

“Untuk anggaran penanaganan PIE/Covid-19 di ambil dari dana tanggap darurat Covid-19 yang berasal dari APBD Pemko Langsa”, pungkasnya.

Adapun yang hadir dalam peresmian tersebut yakni, Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S. Sos, M.Tr (Han), Kapolres Langsa AKBP Giyarto, SH, S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Langsa Ikhwan Nul Hakim, SH, Wakil Ketua I DPRK Langsa Saifullah, Asisten I Kota Langsa, Drs. Suriyatno, M.AP. (DN).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait