Walikota Madiun Berharap Semakin Banyak Kelurahan Adaptasi Program Kampung Iklim

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, dalam rapat koordinasi persiapan verifikasi program kampung iklim (ProKlim) tingkat nasional yang akan digelar pada 17 September mendatang, berharap agar semua kelurahan adaptasi program Kampung Tangguh Iklim.


Rencananya, dua kelurahan yang ada di Kota Madiun akan mendapat penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Yakni, Kelurahan Rejomulyo dan Kelurahan Banjarejo. 
Walikota Madiun, H. Maidi, juga mengapresiasi capaian baik yang diterima oleh dua kelurahan tersebut. Bahkan, Kelurahan Rejomulyo mampu meraih nilai 92 poin, melampaui target yang diharapkan.


Namun menurutnya, capaian baik itu akan lebih baik jika tak hanya dua kelurahan saja yang mendapatkannya. Tetapi seluruh kelurahan di Kota Madiun juga harus ikut serta menjadi Kampung Tangguh Iklim. 
“Proklim ini bagus. Program yang masyarakat dan pemangku kepentingan lain bisa saling bersinergi untuk menanggulangi dan beradaptasi terhadap dampak perubahan iklim di lingkungan sekitar. Harus dicontoh kelurahan lain,” tutur H. Maidi, saat rakor, Senin 14 September 2020.
Walikota juga mengimbau kepada OPD terkait agar terus gencar mensosialisasikan adanya Proklim ini ke seluruh kelurahan. Tujuannya, agar masyarakat lebih paham dengan adanya program dari pusat ini.
“Saya berharap kedepan program ini semakin dikembangkan di seluruh kelurahan. Saya mau kita bergerak semua untuk bersama mengatasi permasalahan iklim ini,” pungkasnya.


Untuk diketahui, diketahui, Prokiim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian LHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi. 


Di samping itu, program ini juga memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.
Hadir dalam kegiatan ini diantaranya ketua TP PKK Kota Madiun, Ny Yuni Maidi, yang juga istri walikota Madiun. (Sumber Diskominfo. Editor: Dibyo).
H. Maidi (atas), Ny Yuni Maidi (bawah kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait