Walikota Madiun Resmikan RTH di Dua Tempat

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, meresmikan dua Ruang Terbuka Hijau (RTH) di dua tempat berbeda. Yakni RTH Respati Manis Kelurahan Manisrejo dan RTH Merak Indah di Kelurahan Nambangan Kidul, Rabu 22 September 2021.

Sebelumnya, Walikota Madiun, H. Maidi, juga meresmikan RTH Taman Asri. Ia berharap, keberadaan RTH terus memberikan manfaat beragam kepada masyarakat usai perbaikan.

‘’Kita punya 55 taman. Yang kondisinya butuh sentuhan, kita perbaiki. Hari ini kita resmikan RTH Respati Manis dan Taman Merak. Kemarin kita juga meresmikan RTH Taman Asri,’’ terang H. Maidi.

Setiap RTH, lanjutnya, wajib berwawasan lingkungan. Artinya, tidak sekedar indah. Tapi juga memiliki beragam fungsi dan manfaat. RTH setidaknya harus aman, nyaman, dan teduh. Selain itu, juga ditambahkan fasilitas untuk pertemuan warga. Tak hanya itu, lahan kosong disekitar RTH wajib menjadi lahan produktif. Mulai tanaman sayur, buah, dan lainnya.

‘’Saat ini masih PPKM, warga tidak perlu keluar jauh-jauh. Cukup di lingkungan masing-masing. Lahan kosong juga dimanfaatkan untuk memberikan kesibukan bagi warga sekitar,’’ pesannya.

Dalam kesempatan ini, walikota juga mengunjungi Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (KP2L). Salah satunya, di Kelurahan Manisrejo.

Wali kota berharap, tidak ada lahan nganggur di kota. Masyarakat bisa membentuk kelompok untuk mengajukan anggaran. Pemerintah akan memberikan bantuan untuk pemanfaatan, peralatan, pelatihan, sampai pemasarannya. Pun, sejumlah KP2L sudah mulai menghasilkan.

‘’Setiap mall akan saya surati untuk mengambil sayuran dari KP2L ini. Yang bagus-bagus dikemas rapi dan dijual ke mall-mall. Yang kualitas nomor dua bisa dijual ke sekitar atau dikonsumsi sendiri,’’ jelasnya.

Dalam kegiatan yang dilakukan sambil bersepeda ini, walikota uga menyambangi gedung sekolah yang membutuhkan bantuan rehab, hingga penyerahan bantuan warga Kelurahan Demangan yang berada di wilayah dekat Desa Kranggan Kabupaten Madiun. (Sumber Diskominfo/editor Dibyo).

H. Maidi (pakai helm sepeda).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait