Walikota Madiun Sampaikan Jawaban atas PU Fraksi DPRD

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemkot Madiun dan DPRD setempat bersinergi dalam menanggulanggi pandemi Covid-19. Salah satunya ditunjukkan melalui tahapan penyusunan rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2021. Tak hanya kompak mempercepat penyusunan, sederet pertanyaan dan masukan terkait penanganan pandemi dari fraksi-fraksi di DPRD turut dijawab oleh Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi.

“Kami berterima kasih pembahasan bisa selesai tepat waktu,” ucap H. Maidi, dalam rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Jawaban Wali Kota Madiun atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terkait penyusunan rancangan P-APBD 2021, Kamis 26 Agustus 2021.

Salah satu yang menjadi sorotan wakil rakyat adalah progres serapan anggaran belanja di organisasi perangkat daerah (OPD). DPRD mendorong agar setiap OPD bisa mempercepat serapan mereka.

Walikota sepakat bahwa penyerapan perlu dipercepat, asalkan sesuai dengan kondisi yang ada.

“Serapan belanja juga perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” tandasnya.

Ia mencontohkan belanja terkait penanganan pasien Covid-19. Ketika ditargetkan pasien yang harus ditangani sejumlah 30 ribu jiwa, sedangkan di lapangan jumlah warga yang sakit tidak sebanyak itu, tentu OPD tidak bisa memaksakan penyerapan.

“Ini karena Covid-19 terus kita rem. Mudah-mudahan semakin melandai,” ucapnya.

Selain itu, juga ada sejumlah kendala yang dihadapi OPD dalam mempercepat serapan anggaran mereka. Yang paling utama adalah kesiapan penyedia barang dan jasa.

Walikota menyebut, kadang kala pemenuhan pesanan suatu barang bisa cukup memakan waktu. Contohnya tempat tidur untuk rumah sakit lapangan (RSL).

“Ada beberapa belanja yang menunggu pabrikan action dulu mempersiapkan barangnya. Misalnya bed. Begitu barang siap, langsung kita beli 150 unit untuk RSL,” pungkasnya. (Sumber Diskominfo/editor: Dibyo).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait