Walikota Madiun Sampaikan Nota Keuangan P-APBD 2020

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, menyampaikan nota keuangan atas raperda tentang APBD Perubahan tahun anggaran 2020 dihadapan jajaran pimpinan dan anggota DPRD setempat dan pada Jumat 14 Agustus 2020.


Dalam kesempatan tersebut walikota memaparkan laporan keuangan yang telah dirancang. 
Sebelumnya, Pemkot Madiun memproyeksikan pendapatan yang dimiliki daerah sebesar Rp1,5 Triliun. Namun, hal tersebut tak sesuai dengan yang sudah direncanakan. Pasalnya, pendapatan daerah Kota Madiun pada perubahan APBD turun sebesar 6,36 persen menjadi Rp989,7 Milyar. 
Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun, H Maidi, menyebut, penurunan pendapatan daerah dikarenakan dampak wabah korona.
“Nggak masalah, memang pendapatan turun.  Contohnya tiga bulan lebih, pajak daerah tidak masuk ke kita, bahkan ada yang kita bebaskan. Memang situasinya seperti ini. Orang semua lockdown, dirumah semua. Jualan tidak laku, kalau kita tarik pajaknya ya malah susah mereka,” jelas H. Maidi.


Sektor pajak daerah itu, lanjutnya, berasal dari banyak sektor. Mulai jasa, restoran, hotel, hingga tempat hiburan.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Madiun,, Andi Raya, mengakui penurunan pendapatan daerah menjadi satu hal yang tak dapat dihindari. Utamanya dari sisi PAD disebabkan akibat pandemi covid-19.


Sehingga kontribusi pendapatan dari usaha yang dikelola OPD penghasil, sebagian besar mengalami penurunan target pendapatan. Mulai sektor pajak daerah hingga retribusi jasa umum, seperti pelayanan parkir di tepi jalan umum dan retribusi jasa usaha.
“Jadi memang dari sisi pajak dan retribusi kita tidak bisa paksakan dengan kondisi ekonomi yang ada di Kota Madiun. Bahkan di nasional dan internasional pun juga mengalami penyusutan signifikan,” ungkapnya. 
Maka dari itu, lanjutnya, apa yang terjadi saat ini merupakan hal yang tidak bisa dipaksakan pemerintah daerah untum mengejar.


Lebih lanjut Andi menjelaskan, seusai penyampaian nota keuangan walikota, agenda berikutnya yang akan dibahas oleh komisi bersama mitra OPD masing-masing. Selanjutnya akan difinalisasi oleh Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemkot Madiun. Ditargetkan P-APBD 2020 selesai akhir Agustus. (Sumber Diskominfo. Editor: Dibyo).

H. Maid (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait