Walikota Mojokerto Melantik Kadiskominfo Sebagai Sekertaris Daerah Kota Mojokerto Definitif

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.con- Walikota Mojokerto, Hj.Ika Puspitasari S.E, melantik Kepala Dinas Kominfo Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Pelantikan Gaguk dilakukan di Pendopo Sabha Kridha Tama Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Rabu (4/8/2021) pagi.

Penunjukan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi itu telah melalui proses Lelang Jabatan yang dilakukan Panita Seleksi Calon Sekretaris Daerah beberapa waktu lalu. Gaguk dipilih Wali Kota diantara tiga nama lainnya.

Ning Ita menyebut, penunjukkan Sekdakot ini telah melalui tahapan mekanisme yang ditentukan untuk mengukur tingkat kompetensi calon Sekda.

“Ada beberapa tahapan yaitu proses selter JPT Pratama yang Sekdakot yang dimulai sejak tanggal 24 Mei hingga 14 Juni 2021,” ungkapnya.

Masih kata Ning Ita, jabatan Sekda adalah jabatan yang sangat esensial karena menjadi sentral administrasi penyelenggaraan roda pemerintahan di daerah. Fungsi dan peran seorang Sekda adalah sebagai Katalisator, Dinamisator dan Motivator.

“Artinya maju mundurnya kegiatan pemerintahan ditentukan oleh seberapa maksimalnya peran seorang Sekda dalam mengendalikan mengelola dan memberdayakan perangkat organisasi,” cetusnya.

Petinggi Pemkot ini juga menuturkan kondisi masyarakat sekarang semakin cerdas dan lebih terbuka dalam menyampaikan aspirasi, tuntutan ataupun kepentingan mereka.

“Kondisi tersebut tentu saja menuntut adanya kesiapsiagaan dan respon yang arif serta cerdas dari kita semua selaku penyelenggara pemerintahan. Terlebih di masa landemi ini begitu banyak persoalan yang harua dihadapi,” tukasnya.

Untuk itu, lanjut Ning ita, Sekda yang baru dilantik untuk segera melakukan korinasi dengan kepala OPD dan selalu memperhatikan perkembangan terkait pelayananan masyarakat lebih-lebih di masa pandemi ini

“Tuntutan masyarkat akan pelayanan publik yang lebih profesional, efektif, efisien, terbuka, tepat waktu dan tepat sasaran, harus selalu direspon secara positif dengan memperlihatkan karya nyata dalam praktek pelaksanaan tugas,” serunya.

Walikota Mojokerto juga menandaskan jika posisi Walikota dan Sekda ibarat pasangan suami istri. Harus ada sinergi yang kuat dan selaras agar rumah tangga bisa berjalan baik dan harmonis menuju tujuan yang diharapkan.

“Harus ada chemistry yang kuat. Jadi nantinya yang mengurusi soal dapur atau botheka’an ya si istri ini, dia harus bisa mengelola dengan baik keuangan keluarga untuk kelangsungan hidup berumah tangga,” pungkasmya.

Sementara itu, Gaguk Tri Prasetyo, Sekdakot Moiokerto yang baru dilantik mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala OPD di Pemkot Mojokerto untuk memastikan seluruh program-program prioritas yang telah ditetapkan Wali Kota di RPJMD dapat terealisasi dan juga penangganan wabah Pandemi di Kota Mojokerto

“Ada banyak program prioritas diantaranya penanganan banjir, pengembangan wisata bahari dan penyelesaian masalah aset daerah. Itu yang menjadi prioritas untuk kita tangani,” ucapnya. (Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait