Walikota Palangkaraya Dan Dandim 1016/Plk Panen Bersama Di Lahan Gambut

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA, beritalima.com – Rabu tgl 6 September 2017 pkl 09.30 wib kemaren bertempat di jln mahir mahar km 10 Kel.Kalampangan Kec Sabangau Kota Palangka Raya Kalteng telah dilaksanakan acara panen padi di lahan gambut milik Bpk Kamdi (kelompok Tani Pasti Jadi) seluas 50 x 50 M Kelurahan Kalampangan Kec Sebangau Kota PalangkĂ  Raya. Hadir dalam acara tersebut, Wali kota Palangka Raya Riban Satia , Wakil Wali kota Palangka Raya Mufit Saptono , Dandim 1016/plk Lafiyus , Kadis pertanian Kota p.raya, Kepala BPTP kota Palangka Raya, Kepala BPS P. Raya, Danramil 01/Pahandut, Camat Sebangau, Pasi Ter Dim 1016/plk, Lurah Kelampangan dan Para anggota Kelompok Tani Pasti Jadi kel kalampangan,serta undangan berjumlah sekitar 80 orang.

Dalam Acara Panen Padi lahan gambut tersebut diawali dengan pembacaan Doa, dilanjutkan sambutan kepala Dinas pertanian kota P. Raya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yg Maha Esa karena atas berkat dan karunianya kita semua bisa terlaksanan panen padi dilahan gambut ini untuk yang pertama kali dulunya tanah gambut di sini hanya di tanami sayur saja tapi kemudian dicoba untuk padi. Sementar ini bantuan untuk bibit di salurkan pak Munir dari BPTP juga di bantu untuk perpupukannya dengan jenis urea ponska. Padi yang di tanam adalah jenis Bibit padi impara-3. Masa pertumbuhn kelolah padi hingga panen memerlukan waktu 3 bulan (90 hari). Harapan kami untuk bisa memacu para petani yang lain di tanah yang sejenis atau lainnya ungkap kepala Dinas.

Wali Kota Palangka Raya Riban Satia menyampaikan, ” Kami atas nama masyarakat kota P.Raya dan Pemerintah Daerah mengucapkan terimah kasih karena atas jerih payahnya untuk mengelolah lahan gambut sehingga sampai berhasil ditanami padi. Harapan kami kegiatan ini supaya bisa di jadikan contoh dan memotivasi semua petani yang lain bahwa tanah gambut itu bisa ditanami padi. Kami minta kepada penyuluh di koordinir oleh pak kadis supaya di inventarisasi cara pengelolahan dan hasil panennya. Tanam kedua nanti kalau bisa 10 hektar dan untuk bibit dan pupuk supaya pak kadis mempersiapkan. Kami minta bapak- bapak petani ini sampaikan masalah bibit padi serta pupuk dan kendala kendala dilapangan”. Wali juga menyampaikan rasa bangganya kepada kelompok tani ini yang mau bekerja keras dalam situasi apapun. Ungkap Walikota. www.beritalima.com , **KH*MISRAN HARIS**

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *