Warga di Jember Sisipkan Sosialisasi Vaksinasi di Sela Pagelaran Wayang Kulit

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Edy Suryanto salah satu warga di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, menyisipkan sosialisasi vaksinasi di sela-sela pagelaran kesenian Wayang Kulit.

Edy sapaan tokoh masyarakat setempat, tergerak hati melakukan hal tersebut dikarenakan pencapaian vaksin di Jember sangat rendah.

Saat ini, capaian vaksinasi di Jember masih sekitar 38 persen. Dari itu, dia berinovasi sosialisasi, ditengah pertunjukan Wayang Kulit.

“Sehingga saat ditengah-tengah pertunjukan, sang dalang menyampaikan ajakan vaksin,” kata Edy usai menerima distribusi beras dalam nominator Lomba Kampung Merdeka Covid-19 Jember SAE, Sabtu (23/10/2021).

Dalam Press Release Polres Jember, Edy mengaku, masyarakat di wilayah Wuluhan mayoritas suku Jawa, yang sangat menggemari pertunjukan wayang.

“Jadi apabila dilakukan saat pagelaran wayang berlangsung, sangat efektif untuk menggugah kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Selain di pertunjukan Wayang Kulit, sosialisasi juga dilakukan warga disetiap kegiatan, misalnya kerja bakti, hingga acara pernikahan.

Atas kegiatan itu, Edy sangat didukung oleh Muspika setempat hingga pihak desa. Bahkan, bagi warga yang akan mengurus izin kegiatan, harus menunjukkan surat vaksinasi.

Sementara, informasi dari Satgas Covid-19 Jember, dalam pesan tertulis capaian vaksinasi dosis pertama di jember berada diangka 38,80 persen, dari target provinsi, atau baru 775.796 orang yang telah divaksin.

Jumlah tersebut, telah mengalami kenaikan jika dibanding beberapa minggu sebelumnya.

Namun, jika mengacu pada target capaian vaksinasi Jember sebesar 70 persen, hingga akhir tahun jumlah tersebut masih rendah.

Akan tetapi, dengan bantuan sosialisasi masyarakat, tentu sangat membantu pemerintah daerah mencapai target vaksinasi. (Sug/bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait