Water Canon Polres Situbondo Bantu BPBD Atasi Kekeringan

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Kekeringan dan Krisis air bersih disejumlah wilayah Kabupaten Situbondo cukup menjadi perhatian Polres Situbondo untuk membantu mengatasi. Dengan menggunakan mobil Water Canon Kapolres Situbondo memimpin penyuplaian air bersih yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Situbondo hingga kepelosok desa. (18/9).

Kendaraan taktis yaitu Armor Water Cannon (AWC) yang biasanya digunakan untuk pembubaran massa jika terjadi demonstrasi, menjadi perhatian warga 27 KK masyarakat pedukuhan Betolabeng Dusun Panapan, Desa Sopet, Kecamatan Jangkar, yang sementara dialih fungsikan untuk droping air bersih.

“Dari hasil koordinasi kami dengan BPBD Kabupaten Situbondo, padukuhan – padukuhan di dusun Panapan merupakan daerah yang sangat membutuhkan air bersih. Selain bantuan air bersih yang dimuat tangki milik BPPD. Wather canon Sabhara Polres Situbondo juga menyiapkan air bersih untuk mengisi ulang tangki milik BPPD yang kosong,” Kata Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, SH,SIK, MSc ( Eng).

Selain Droping air bersih, Kapolres bersama jajarannya juga menyempatkan melakukan Giat Baksos yang merupakan bagian dari kepedulian sosial Polres situbondo dan polsek jajaranya untuk bisa meringankan beban masyarakat yang masih memerlukan bantuan.

“Balita juga menjadi perhatian utama kami, karena kekurangan air bersih bisa berdampak untuk gizi balita, untuk itu kami juga beri tambahan gizi berupa susu dan lainnya agar balita tidak mudah sakit, Bantuan air bersih menggunakan AWC dikhususkan saat musim kemarau, bagi masyarakat yang mengalami krisis air bersih akan di droping menggunakan AWC,” Lanjut Kapolres.

Kapolres Sigit juga menjelaskan jika menjelaskan air yang dibagikan menggunakan water cannon adalah air bersih dari PDAM. AWC sendiri berkapasitas 6.000 liter sehingga dinilai cukup efektif dalam membantu droping yang dilakukan oleh tangki BPBD tanpa harus kembali ke tengah kota untuk pengambilan air bersih.

Kepala bidang Pencegahan dan Kewaspadaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan. SE. MSi, mengatakan BPBD saat ini mendistribusian air bersih ini diberikan secara bergiliran ke 7 kecamatan dan 10 desa yang mengalami kesulitan air bersih.

“Dengan Bantuan dari Polres Situbondo menggunakan AWC tentu sangat meringankan armada kami yang selama ini sedikitnya mendroping 10.000 liter air. jika dimungkinkan kami bisa droping 20.000 liter, tentunya dengan bantuan polres sangat membantu bagi kami,” Ucap Gatot.

Dalam droping air bersih menggunakan Armor Water Cannon yang dipimpin kapolres, terlihat juga Waka Polres, seluruh Kasat Polres, Camat Jangkar, Kapolsek jangkar, Koramil dan kepala desa Sopet, Kehadiran AWC juga menjadian perhatian warga, bahkan banyak warga yang berfoto ria dengan mobil taktis tersebut.
(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *