Webinar Fasilkom Ubhara Jaya; Warek III, Dekan, Wadek III dan Alumni Hadir sebagai Pambicara

  • Whatsapp

Bekasi, beritalima.com – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Fasilkom Ubhara Jaya) menggelar Webinar tentang “Alumni Fasilkom-UBJ Talks #2”, pagelaran cara tersebut melalui aplikasi Zoom dan Live Stream On Channel Youtube “Fasilkom UBJ” pada pada hari Sabtu, 07 Agustus 2021 lalu.

Hadir sebagai pembicara pada acara tersebut, Wakil Rektor III, Dr. Syahrir Kuba, S.Sos., S.I.K, M.M., M.H., Dekan Fasilkom Ubhara Jaya, Herlawati, S.Si., M.M., Muhammad Azis, S.T. (Supervisor IT PT. Halal Network International) Alumni Informatika Ubhara Tahun 2016 dan Wakil Dekan III Fasilkom, Prio Kusnanto, S.Kom., M.Kom.

Dekan Fasilkom Ubhara Jaya, Herlawati, berharap dengan diselenggarakannya acara tersebut dapat terjalin hubungan yang baik antar alumni termasuk juga alumni dengan pihak kampus.

“Semoga terjalin hubungan yang lebih baik lagi dan bersinergi dengan alumni Fasilkom demi kemajuan Universitas Bhayagkara Jakarta Raya,” terang Herla sapaan akrabnya itu.

Ia pun berjanji, Fakuktas yang ia pimpin itu akan mengadakan acara yang serupa secara rutin. Minimal, lanjut Herla, diadakan setiap enam bulan sekali.

“Acara ini akan dilaksanakan setiap semester,” tegas Herla.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Syahrir Kuba, menegaskan bahwa pihak kampus saat ini lagi mendata keberadaan alumni yang kini sudah berada di tengah-tengah masyarakat. Dengan acara itu, Syahrir berharap dapat membantu proses pendataan tersebut.

“Melalui penelurusan alumni/tracer study didapatkan informasi data pekerjaan alumni yang sangat beragam, oleh karena itu Ubhara Jaya melalui Progam Studi Informatika maupun Fakultas Ilmu Komputer berkepentingan menggandeng semua alumni Informatika untuk mewujudkan visi misi yang telah ditetapkan bersama menuju Ubhara Jaya Unggul,” harap Syahrir, Purnawirawan Polisi berpangkat Brigadir Jenderal itu.

Sementara itu, Fasilkom pada acara tersebut, mengundang salah satu alumni 2016 Informatika Ubhara Jaya yakni Muhammad Azis, S.T. Ia sekarang menjabat sebagai Supervisor IT PT. Halal Network International. Ia berharap kepada para mahasiswa, selama kuliah agar tidak hanya mengikuti perkuliahan akan tetapi sebaiknya ikut bergabung di komunitas IT.

“Caranya cari di media social pilih sesuai dengan minatnya. Perkuliahan mendukung skill dasar untuk dunia kerja sedangkan untuk kemampuan yang lebih spesifik meningkatkan kemampuan di luar kampus,” jelas Azis.

Bagi Azis, IPK adalah syarat administrasi dalam penerimaan karyawan. Sedangkan syarat utama menurutnya adalah skill dan portopolio yang banyak dan bagus di bidang IT.

“Bagi kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya diharapkan meningkat kualitas BEM. Dan bagi Alumni komitmen bersama membuat networking,” tambah Azis.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Sekan III Fasilkom yang sekaligus Alumni Informatika Ubhara Jaya, Prio Kustanto, cerita bahwa zaman ia kuliah, internet masih agak susah dan sekarang ia berkarir di Fasilkom. Diakui Prio, saat itu dirinya tidak hanya kuliah tetapi mengikuti berbagai kegiatan baik di kampus dan di luar kampus, tujuannya untuk meningkatkan jaringan sehingga dirinya aktif pada kegiatan di luar kampus.

“Mahasiswa selain memiliki hardskill kemampuan terkait IT juga harus memiliki softskill ini bisa diperoleh dengan cara mengerjakan tugas bersama sama, hal ini bisa membentuk kemampuan mengelola tim dan bekerjasama, serta kemampuan berbicara atau mengungkapkan ide ide,” cerita Prio.

Dan yang paling penting, lanjut Prio, kemampuan mendengarkan pendapat dan ide orang lain. Bagi Prio, softskill yang tidak kalah penting adalah Integritas, karena kejujuran adalah modal awal yang harus dimiliki mahasiswa. Lalu memberi contoh yaitu kepatuhan dan kepatutan.

“Interpersonal kemampuan berhubungan baik dengan orang lain, karena kita dirasakan manfaat
Memiliki etos kerja dengan baik dan benar
Motiviasi dan inovasi akan muncul jika memiliki pemikiran positif
Kemampuan beradapatasi dengan segala keadaan sekarang,” ucap Prio.

Selain itu, Prio juga menekankan agar mahasiswa memiliki perhatian pada pekerjaan dan keterampilan berorganisasi. Karena hal itu dapat meningkatkan kemampuan leadership terlebih jika mengikuti UKM.

“Percaya diri, sopan santun dan beretika sehingga dalam pergaulan disukai orang lain,” pungkas Prio.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait