Wibisono: Praktisi Maritim harus aktif dan peduli terhadap kedaulatan maritim di seluruh Wilayah RI

  • Whatsapp
Pembina Pramarin Wibisono

Jakarta, Indonesia merupakan negara yang memiliki luas laut 5,8 juta kilometer dan pantainya yang merupakan nomor dua terpanjang di dunia yakni mencapai lebih dari 97.000 kilometer. Luasnya wilayah maritim Indonesia memang belum sepenuhnya dapat tertangani secara optimal, karena keterbatasan pemodalan serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang perhatian kepada dunia maritim.

Menurut Pembina Praktisi Maritim (Pramarin) Wibisono mengatakan Kehadiran Praktisi Maritim (Pramarin) sangat penting untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan maritim sebagai poros dunia.

“Indonesia harus bisa menjadi Poros Maritim Dunia seperti yang telah dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode kepemimpinannya, maka menjadi realistis dalam memperjuangkannya, namun implementasi nya belum bisa maksimal karena keterbatasan dana,” ujar Wibisono menyatakan keawak awak media di Jakarta Rabo (11/1/2023).

Lanjutnya, Sebagai bangsa maritim harusnya kita sadar bahwa Indonesia terdiri dari 17.504 pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote. Total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta kilometer persegi (km2). Dimana 5.80 km2 adalah lautan atau 67 persen wilayah Indonesia adalah perairan. Dan juga, dalam kesempatan pertama Ketika menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Presiden Jokowi jelas mengatakan bahwa kita telah terlalu lama memunggungi lautan.

“Disamping potensi maritim yang melimpah sumber daya alamnya, kita juga harus bisa menjaga kedaulatan di seluruh wilayah Republik Indonesia, terutama ancaman kedaulatan yang terjadi di Natuna Utara dan Sengketa pulau pasir dengan Australia,” kata Wibisono yang juga sebagai pengamat militer ini.

“Saya tidak pernah bosan untuk mengingatkan pemerintah dan mengajak komponen bangsa, bahwa mempertahankan kedaulatan negara adalah wajib dimiliki oleh semua lapisan masyarakat, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, perlu adanya dukungan dari semua komponen bangsa terutama dari Pramarin, harus berperan aktif dan peduli dalam menjaga kedaulatan RI, ” pungkas Wibisono

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait