Wisata Watu Gudik Menyimpan Misteri Sumur Berkhasiat

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sekitar 30 Km dari pusat kota Kabupaten Jombang ke selatan, terdapat obyek wisata Watu Gudik, di Dusun/Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, berdiri diatas lahan seluas 1 hektar.

Wisata Watu Gudik yang dimiliki Winarko Sastro, tidak menyangka kalau tempat wisatanya mengandung historis, yang konon kabarnya pada jaman Mojopahit dijadikan padusan atau tempat mandi di tengah hutan belantara saat itu. Bahkan di tempat itu terdapat sumur padahal sebelahnya terdapat aliran sungai.

Kendati demikian, sebelum kawasan itu menjadi kawasan wisata cangkrukan Watu Gudik, ada yang percaya dengan keberadaan air yang ada dalam sumur itu. Memang sebagian besar tidak banyak yang mengetahui tentang sumur itu tapi berdasarkan keterangan yang diterima pemiliki wisata Watu Gudik itu, air sumur itu bisa membuat awet muda.

“Sebelum jadi tempat wisata, banyak yang datang mengambil airnya, katanya bisa membuat awet muda,” kata Winarko kepada beritalima.com di tempat wisata, Sabtu (6/3/2021).

Selain itu tempat wisata ini juga ditumbuhi tanaman liar yang pernah diteliti berdasarkam farmakologi dapat dijadikan sebagai obat herbal seperti pacul gowang, pegagan, ilalang, daun pokpohan dan sebagainya. Bahkan pengunjung pun ada yang terlihat mengambil tanaman liar itu disamping rekreasi menghilangkan kejenuhan.

“Tanaman liar pacul gowang ini bisa menghilangkan gatal gatal dan tanaman liar pegagan bisa menghilangkan stress,” ujarnya sambil berjalan.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait