Wujudkan Bahwa Sosok Wartawan Adalah Dermawan Melalui Peringatan HPN

LUMAJANG,beritalima.com- Menepis sosok profesi wartawan yang terkesan sebagai momok, dalam momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Lumajang. Sebagai wadah para awak media, Ikatan Wartawan Lumajang (IWL) gelar bakti sosial. Sebagai bukti wartawan adalah juga sosok dermawan yang punya naluri kemanusiaan dan independen (21/02/2020).

Ratusan paket sembako untuk keluarga miskin terkumpul hasil dari kocek pribadi para awak media, dalam peringatan HPN siap dibagikan di wilayah utara kota Lumajang. IWL bersama Laskar Nusantara, berbaur dengan jajaran muspika lakukan pembagian sembako yang diwarnai kegembiraan yang sangat para keluarga miskin penerima sembako di wilayah tersebut.

Ketua Ikatan Wartawan Lumajang (IWL), Bashori dalam gelar tersebut mengatakan, bahwa agenda rutin tahunan dalam rangka peringatan HPN dilakukan oleh para awak Media dari berbagai media baik cetak dan elektronik di kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Lumajang dan LSM Laskar Nusantara (Lanusa) Lumajang. Bukti kongkrit peran awak media ditengah masyarakat dalam tugas Jurnalistik memiliki peran penting dalam penyebarluasan informasi yang sesungguhnya kepada khalayak.

“Wartawan memiliki kompetensi sebagai pemberi informasi dan mengawal kebijakan birokrasi untuk masyarakat, kritik dan kritis yang konstruktif menjadikan peran utama yang dilakukan awak Media yang tergabung dalam IWL”, Jelas Bashori.

Sementara itu Direktur Laskar Nusantara Lumajang, Decky Agung yang turut serta dalam giat sosial di wilayah kecamatan Klakah, kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (21/02/2020) pagi dalam Rangkaian acara Hari Pers Nasional 2020. Dalam hal ini media juga harus bisa mendidik masyarakat dengan menyajikan beragam pengetahuan yang bersifat edukasi dan bermanfaat bagi peningkatan nilai kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Giat sosial yang dilakukan ini juga merupakan langkah nyata dari pers untuk mengedukasi secara langsung selain yang berkaitan tugas pokok pers itu sendiri. “Selain menyajikan karya jurnalistik yang bersifat mencerahkan dan memberikan pengetahuan pada masyarakat, teman-teman pers juga masih menyempatkan diri untuk terjun langsung ketengah masyarakat memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang masih membutuhkan uluran tangan, Selamat Hari Pers Nasional, semoga IWL kedepan semakin baik”, ujar Decky.

Pada kesempatan terpisah Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Lumajang, Abdul Rohim SH yang turut giat tersebut mengatakan, bahwa Pers juga dapat membantu pembangunan dibidang hukum terkait informasi mengenai bagaimana menghindari kejahatan atau tindak kriminalitas, serta tentang hak dan kewajiban seseorang didepan hukum.

“Hebat, awak media bertugas menyampaikan pesan atau berita kepada publik dan karyanya bisa merangsang serta menggerakkan mayarakat secara positif, seperti mengerakkan masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam pembangunan, tugas dan peran pers sangat mulia, apalagi ditambah dengan giat sosial seperti hari ini yang kita lakukan sangat baik”, terang Rohim.

Kegiatan sosial dalam rangka rangkaian HPN tahun ini terselenggara berkat peran aktif seluruh awak media yang bergabung dalam Ikatan wartawan lumajang (IWL), Persatuan Advokad Indonesia (Peradi) dan LSM Laskar Nusantara (Lanusa) Lumajang, serta didukung oleh jajaran Muspika, peran serta masyarakat dan tokoh masyarakat. (Jwo)