Wujudkan Jamsos Menyeluruh Pekerja Gresik, BPJamsostek Gelar Sharing Session

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com | BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Gresik bersama Dinas Ketenagakerjaan Gresik dan Pimpinan Serikat Pekerja (SP) Se-Kabupaten Gresik mengadakan sharing session terkait isu dan kesejahteraan tenaga kerja di Kabupaten Gresik, Kamis (25/2/2021)

Acara di Hotel Santika ini dihadiri Kepala BPJamsostek Cabang Gresik, Ahmad Fauzi Usman, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gresik, Dra Ninik Asrukin MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gresik, Ida Lailatussa’diah, serta perwakilan Serikat Pekerja/Buruh se-Kabupaten Gresik.

Kepala BPJamsostek Cabang Gresik, Ahmad Fauzi Usman, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun sinergi dalam mewujudkan pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja di Kabupaten Gresik.

Diungkapkan oleh Fauzie, hingga saat ini di Kabupaten Gresik masih ada perusahaan yang belum daftar BPJamsostek, atau istilahnya Perusahaan Wajib tapi Belum Daftar (PWBD).

Selain itu, lanjut dia, ada pula perusahaan daftar sebagian tenaga kerja (PDS TK), sebagian program (PDS Program), dan sebagian upah (PDS Upah), yang semuanya tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Dikatakannya, ketidakpatuhan perusahaan-perusahaan tersebut dapat berpengaruh terhadap jumlah manfaat yang akan diterima oleh tenaga kerja atau ahli waris, jika tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja ataupun meningal dunia.

Fauzie mengatakan, peran serta dan dukungan stakeholder dari Pemkab Gresik dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan dan peran Serikat Pekerja sangat penting dalam mendorong para pengusaha atau pemberi kerja untuk memberikan hak perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja.

Dia menandaskan, pemilik perusahaan wajib mendaftarkan badan usaha dan seluruh pekerjanya ke BPJamsostek demi kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Dra. Ninik Asrukin MM menyampaikan, dengan komunikasi dan koordinasi serta mekanisme yang baik, kesejahteraan dan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Gresik bisa maksimal. “Kedepannya Pemkab Gresik sedang mempersiapkan aplikasi yang dinamai Sistem Informasi Ketenagakerjaan yang memberikan informasi ketenagakerjaan bagi masyarakat Gresik,” ujar Ninik. (Ganefo)

Teks Foto: BPJamsostek Cabang Gresik bersama Dinas Ketenagakerjaan Gresik dan Pimpinan Serikat Pekerja (SP) Se-Kabupaten Gresik usai sharing session, Kamis (25/2/2021)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait