XL Axiata Jual Sewa Menara

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk umumkan pemenang tender penjualan menara milik perseroan sebanyak 2.782 unit, dan penyewaan kembali lahan miliknya pada Jumat (7/2/2020) lalu.

Pemenangnya, PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang memenangkan tender akuisasi atas 1.728 unit menara, dan PT Centratama Menara Indonesia (CMI) yang memenangkan tender akuisisi atas 1.054 unit menara.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengaku optimis transaksi ini akan berdampak positif pada optimalisasi dan peningkatan efektivitas terhadap biaya operasional serta biaya sarana dan prasarana pendukung.

“Penting bagi kami untuk mendapatkan harga penyewaan kembali yang lebih rendah/kompetitif atas menara yang dijual agar dapat lebih menjamin pengelolaan neraca keuangan yang lebih kuat termasuk tercapainya profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang yang lebih berkesinambungan,” ujarnya.

Selain itu, transaksi ini juga akan bisa mendukung XL Axiata dalam memperkuat struktur permodalan, meskipun saat ini XL Axiata juga telah memiliki neraca keuangan yang stabil dan kuat untuk mendukung kegiatan operasional dan ekspansi perusahaan.

Penjualan 2.782 menara telekomunikasi milik XL Axiata dan penyewaan kembali lahan milik XL Axiata dimana sebagian menara berlokasi dengan nilai transaksi sebesar Rp 4.050.255.163.200,- ini setara dengan 21% dari ekuitas perseroan.

Selain perjanjian jual beli, XL Axiata juga telah menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menyewa Menara dengan kedua perusahaan pemenang tender.

XL Axiata akan menyewa kembali 2.763 unit menara yang dijual itu untuk jangka waktu 10 tahun terhitung sejak tanggal penutupan sesuai dengan Perjanjian Induk Sewa Menyewa Menara. Tanggal penutupan yang dimaksud adalah tanggal penyelesaian transaksi yang dijadwalkan pada atau sebelum tanggal 30 Juni 2020.

Selanjutnya, karena sebagian menara yang dijual kepada para pemenang berada di atas tanah milik XL Axiata, maka XL Axiata akan menyewakan tanah-tanah tersebut kepada para pemenang.

Setelah transaksi penjualan menara ini, kini XL Axiata memiliki kurang lebih 1,600 menara.

Tender penjualan menara telekomunikasi milik XL Axiata ini telah dibuka mulai 5 November 2019. Tender diikuti hampir semua perusahaan penyewaan menara telekomunikasi yang beroperasi di Indonesia. (Ganefo)

Teks Foto: Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, bersama Presiden Direktur Protelindo, Ferdinandus Aming Santoso (kanan tengah) di acara penandatanganan perjanjian jual beli menara telekomunikasi di Jakarta, Jumat (7/2/2020)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait