XL Axiata Salurkan 1,3 Juta Paket Data Gratis Untuk Pelajar Jatim

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk menyalurkan 1,3 juta paket data gratis khusus bagi pelajar, dan 100 ribu untuk guru dan tenaga kependidikan jenjang SMA/SMK/SLB di Jawa Timur. Program ini merupakan bagian dari kerjasama XL Axiata dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di SMA Negeri 2 Mejayan, Madiun, Jumat (18/9/2020). Turut mendampingi gubernur, diantaranya Bupati Madiun H.Ahmad Dawami Ragil Saputro, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Dr. Ir. Wahid Wahyudi MT, dan Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit.

Selain itu tampak pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, Direktur Eksekutif Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia, Eddy Santoso.  Acara ini juga diikuti secara daring oleh 24 kantor Dinas Pendidikan dan MKKS SMA/SMK/SLB Negeri dan swasta dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengucapkan terimakasih atas support XL Axiata ini. Kepada para siswa, Khofifah berpesan agar para siswa tetap bersemangat dalam belajar walau di tengah kondisi yang terbatas. Gubernur meyakinkan para pelajar bahwa ini adalah ikhtiar bersama sebagai awal menuju era 4.0 dimana pelajar akan disiapkan pada update teknologi di masa depan.

Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, mengatakan, manajemen XL Axiata sangat memahami problem yang dirasakan sebagian masyarakat terkait kemampuan mendapatkan kuota data untuk pelaksanaan PJJ. Karena itu, pihaknya merasa bertanggung jawab untuk membantu meringankan beban masyarakat agar bisa mendapatkan kuota data.

“Kami berharap beban sebagian pelajar dan orang tuanya menjadi lebih ringan. Begitu juga dengan para guru dan tenaga kependidikan. Paket kuota data gratis yang dibagikan ini sudah bisa dipergunakan September 2020 ini. Jadi, setiap paket bantuan sudah bisa langsung dimanfaatkan para siswa penerimanya,” tambah Bambang.

Mekanisme penyaluran paket kuota data gratis ini hingga ke tangan siswa dan para guru serta tenaga kependidikan akan dilakukan oleh sekolah-sekolah yang berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan memprioritaskan pelajar kurang mampu yang membutuhkan akses internet untuk kegiatan belajar online.

Paket yang diberikan berupa kartu perdana AXIS yang di dalamnya sudah diberikan kuota data sebesar 30 GB. Kuota tersebut bisa didapatkan siswa saat kartu diaktifkan dan tambahan kuota data sebesar 55 GB setelah kartu terdaftar di sistem Dapodik melalui admin sekolahnya masing-masing, dengan masa berlaku 31 Desember 2020. Kuota ini di luar subsidi kuota bagi pelajar dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses sejumlah aplikasi yang paling sering dipakai oleh guru untuk mengirimkan materi pelajaran atau tugas kepada siswa, yaitu aplikasi Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, dan WhatsApp. Selain itu, kuota data tersebut juga bisa dipakai untuk membuka aplikasi dan website yang menyediakan bahan tambahan untuk referensi belajar, yaitu Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, juga website Rumah Belajar Kemendikbud dan Spada Indonesia Kemendikbud. (Ganefo)

Ki-Ka: Kepala Diknas Jatim, Wahid Wahyudi, Gubernur Khofifah, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, dan Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, bersama perwakilan pelajar penerima donasi paket data gratis dari XL Axiata di SMAN 2 Mejayan, Madiun, Jumat (18/9/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait