10 Sunnah Selama Hari Raya Idul Fitri

  • Whatsapp

Oleh: Dr Lia Istifhama, M.E.I, Pembina PP Raudlatul Banin wal Banat Surabaya

Setelah menunaikan ibadah puasa selama bulan suci Ramadan dengan segala rangkaian ibadah di dalamnya, tibalah hari kemenangan. Hari yang patut diterima dengan segala suka cita itu, tepat pada 1 Syawal ketika memasuki Hari Raya, maka menjelang Idulfitri, kiranya penting untuk mengetahui 10 Sunnah selama Hari Raya sesuai yang dijelaskan dalam beberapa hadis berikut:
Pertama, makan sedikit kudapan (kurma atau penggantinya) sebelum pergi untuk salat Hari Raya (Id). Shahih Bukhari, hadis nomor 915. Kedua, salat Sunnah dua rakaat sebelum shalat hari raya. Shahih Bukhari hadis nomor 947. Ketiga, menyegerakan untuk mengerjakan shalat Hari Raya. Shahih Bukhari hadis nomor 928.

Keempat,bertakbiran (Shahih Bukhari hadis nomor 931). Kelima: bersama-sama pergi ke tempat shalat Id, termasuk bagi wanita yang haidl (memencilkan diri, yaitu mengambil posisi berjarak dari tempat shalat). (Shahih Bukhari Hadis nomor 934). Keenam, mengenakan baju kurung bagi perempuan (Shahih Bukhari hadis nomor 939).

Ketujuh, membaca tasbih dalam Sholat Idul Fitri. Dijelaskan dalam sebuah hadis: Dari Samurah bun Jundub r.a, katanya, “Rasullullah s.a.w bersabda, ‘ucapan yang paling disukai Allah s.w.t ada empat, yakni Subhanallah walhamdullillah walaa ilaha illallahu Allahu Akbar. Tidak akan membahayakannya dari mana saja ia memulainya.” Di lain riwayat disebutkan bahwa ucapan ini ada dalam Al-Qur’an.

Kedelapan, ketika pulang salat Id, mengambil jalan yang tidak biasa dilewati. Dijelaskan dalam Shahih Bukhari hadis nomor 945: “Dari Jabir r.a. berkata: Keadaan Nabi Muhammad SAW apabila Hari Raya, beliau menyelisihi jalan (jalan yang tidak biasa dilawati).
Kesembilan, bersedekah, sesuai hadis nomor 935 Shahih Bukhari. Kesepuluh, silaturahmi. Ada banyak hadis yang menjelaskan keutamaan dari silaturahmi, berikut di antaranya: “Silaturrahim itu menambah umur, dan sedekah itu memadamkan murka Tuhan.” (HR. Qudha’i dari Ibnu Mas’ud, Kitab Al-Jami’us Shaghier, hadis nomor 5002).

Itulah, di antara beberapa Sunnah sewaktu Hari Raya Idulfitri. Semoga kita bisa menjalankan rangkaian Sunnah dan memenuhi keutamaan makna dalam Hari Kemenangan, yaitu turut bersama keluarga, tetangga, dan teman untuk mempertebal silaturahmi, saling memaafkan dan mengisi hari raya dengan momen-momen kebersamaan. [*]
#liaistifhama
#ketuaIIISTAItarunasby
#wakilsekertatisMUIjatim

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait