11 Januari – 10 Pebruari 2017, Seribuan Mahasiswa Unsyiah KKM di Bener Meriah

  • Whatsapp

Bireuen,Beritalima – Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsyiah melaksanakan pembekalan terhadap 1.400 lebih mahasiswa yang akan melaksanakan perngabdiannya berupa Kuliah Kerja Mahasiswa ( KKM) pada 11 Januari – 10 Februari 2017 di sejumlah desa dari berbagai kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah.
Pelaksanaan pembekalan yang dilaksanakan di Gedung Dayan Dawood Banda Aceh pekan lalu itu dihadiri Plt Bupati Bener Meriah Drs Hasanuddin Darjo,MM, Kepala LPPM Unsyiah, para Dosen Pembantu Lapangan (DPL), civitas akademika Unsyiah serta hadir juga Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Bener Meriah, Irmansyah, S.STP.
Pada kesempatan tersebut Plt Bupati Bener Meriah Drs Hasanuddin Darjo,MM pidatonya mengharapkan mahasiswa untuk berperan aktif mengarahkan para masyarakat benar-benar mengoptimalisasi penggunaan dana desa sebagaimana tertulis dalam tema “ Dengan Pelaksanaan KKM PPM Unsyiah Tahun 2017 kita tingkatkan optimalisasi penggunaan dana desa demi meningkatkan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah.”
Selain itu Drs. Hasanuddin Darjo, MM menceritakan tentang potensi di Kabupaten Bener Meriah secara umum, mulai dari pemerintahan, perekonomian, geografis, demografi dan suku yang ada di Kabupaten Bener Meriah.
Darjo menyebutkan, Kabupaten Bener Meriah persisnya negeri bak di atas awan, di mana hawa pegunungan yang sejuk dan dingin serta masyarakatnya yang heterogen membuat semua orang merasa betah untuk tinggal di sana,” Jelasnya.
Kepada 1.400 mahasiswa yang akan hadir di Bener Meriah pada 11 Januari 2-17 Darjo mengatakan akan memperkenalkan seluruh stakeholders pemerintahan yang ada di Kabupaten Bener Meriah, agar memudahkan mahasiswa dalam melakukan pengabdiannya.
“ Di sini hadir Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Bener Meriah, Irmansyah, S.STP. dan para mahasiswa nantinya akan dijembatani dalam segala persoalan yang dihadapi di lapangan.” Ungkap Hasanuddin Darjo seraya memperkenalkan Kabag Humas Dan Protokoler Kabupaten Bener Meriah.
Sementara Sukirman alias toke Agam Pulo Ara yang juga warga Pondok Baru Kabupaten Bener Meriah kepada andalas Minggu (8/1) di Balai Keramat menyebutkan, masyarakat di sejumlah desa seperti Wonosobo, Pinto Rime / Rimba Raya Panton Kemuneng, Lampahan mengapresiasi LPPM Unsyiah yang telah memutuskan mahasiswa Unsyiah melakukan KKM di Kabupaten Bener Meriah.
Alasan Toke Agam mengapresiasikannya karena potensi yang dimiliki mahasiswa sebagai akademisi mampu mentransfer pengetahuan-pengetahuannya dalam berbagai hal di berbagai konsentrasi ilmu pengetahuan terhadap masyarakat.
Ditambahkan, walaupun waktunya hanya sebulan akan mendapat manfaat yang sangat luar biasa hanya saja stakeholder pemerintah daerah mau memanfaatkan potensi yang dimiliki mahasiswa sebagai akademisi dalam mentransfer pengetahuan-pengetahuannya dalam berbagai hal di berbagai konsentrasi displin ilmu pengetahuan.
Menurutnya para Keuchiek gampoeng ( Kepala Desa) mau mengarahkan warganya dan mahasiswa KKM untuk berkonsultasi program-program dalam menjalankan pemerintahan desa yang lebih bermanfaat sampai dengan kebutuhan primer yang harus dilaksanakan pemerintah desa.
Memang nantinya banyak program-program jangka pendek yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat Bener Meriah dan program strategis berskala jangka panjang yang dapat berjalan dengan perencanaannya matang dengan berbagai SDM mahasiswa Unsyiah yang ber KKM di Bener Meriah. ( Suherman Amin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *