5 Manfaat Bersepeda Secara Rutin untuk Tubuh Lebih Sehat!

  • Whatsapp

beritalima.com | Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ada berbagai manfaat bersepeda yang bisa Anda rasakan agar tubuh lebih baik. Sepeda bukan hanya untuk rekreasi atau sebagai alat transportasi, tetapi juga bisa menjadi pilihan olahraga yang seru, apalagi jika dilakukan bersama teman.

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang praktis dan mudah dilakukan, Anda bisa bersepeda dengan menempuh jarak berapapun secara rutin untuk mendapatkan manfaat bersepeda yang optimal. Hal tersebutlah yang membuat bersepeda digemari banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung serta Pembuluh Darah

Manfaat bersepeda yang pertama yaitu mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular sehingga kesehatan jantung dan pembuluh darah terjaga. Dengan bersepeda, otot jantung menjadi lebih kuat dan sirkulasi darah lebih lancar. Jika sistem kardiovaskular dapat bekerja dengan baik, maka mengurangi beberapa risiko penyakit yang berbahaya mulai dari stroke, serangan jantung hingga tekanan darah tinggi. Anda bisa mulai melakukan bersepeda secara rutin selama 30 menit per hari.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bersepeda selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Pasalnya kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya, seperti kanker kolekteral, kanker paru-paru dan lainnya yang dapat menyerang siapa saja, khususnya saat usia tua. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh dengan memiliki gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat, istirahat cukup dan olahraga secara rutin (bersepeda)

  1. Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Manfaat bersepeda secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan otot dan sendi, hal ini sudah terbukti bermanfaat untuk penderita osteoarthritis. Pasalnya dengan bersepeda maka otot paha, kaki, betis, pinggul, perut, bahu dan lengan bergerak dengan baik. Olahraga ini dapat anda lakukan dengan intensitas yang sedang atau bahkan tinggi tanpa harus khawatir membebani sendi.

  1. Menjaga Berat Badan

Siapa yang ingin memiliki berat badan ideal? Tentunya semua memilikinya bukan? Bukan hanya menjaga pola makan, tetapi harus rajin berolahraga, salah satunya dengan bersepeda. Manfaat bersepeda dapat membakar lemak serta meningkatkan laju metabolisme tubuh, setidaknya dalam 1 jam bersepeda dapat membakar 600 kalori.

  1. Mengatasi Stress

Tahukah anda bahwa bersepeda dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik. Pasalnya dengan bersepeda maka dapat menghasilkan hormon dopamin yang banyak, di mana hormon ini berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan senang, sehingga dapat meredakan stres, rasa depresi, hingga gangguan kecemasan berlebih yang anda ketahui. Ada pula studi yang menyatakan jika orang yang rajin bersepeda jauh lebih senang, dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti aerobik atau gym. Anda dapat bersepeda santai saja secara rutin minimal 30 menit per hari untuk meningkatkan suasana hati dan membuat pikiran lebih baik.

Itulah 5 manfaat bersepeda secara rutin yang bisa anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik ataupun kesehatan mental. Jika anda ingin membeli sepeda dan peralatan olahraga lainnya, Anda bisa membeli sepeda dengan mudah, aman serta praktis hanya melalui shopee.

Anda bisa menggunakan layanan dan promo Shopee Cash on Delivery. Sistem COD ini bisa dilakukan dari berbagai provinsi mulai dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, NTT dan lainnya. Jadi, mari berbelanja Shopee sekarang juga!

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait