57 Anggota PPS Dilantik, Ketua KPU Ternate Pesan Jaga Independensi dan Integritas

  • Whatsapp

TERNATE, beritaLima.com, – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 kembali dilanjutkan, diawali dengan pelantikan sejumlah Panitia Pemungutan Suara (PPS) di lima Kecamatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Awalnya pelantikan PPS dilaksanakan pada bulan Maret 2020 namun ditunda tahapannya dikarenakan wabah Corona Virus Disiase (Covid-19). Begitu pula dengan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), tahap pemutakhiran data pemilih hingga coklit dalam menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Anggota PPS yang baru saja dilantik yaitu, 18 anggota PPS Kecamatan Pulau Moti, Kecamatan Pulau Hiri 18 anggota PPS, Kecamatan Batang Dua sebanyak 18 anggota PPS, 1 orang PAW di Kecamatan Pulau Ternate dan 2 orang anggota PPS di Kecamatan Ternate Utara.

Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A. Karim dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh penyelenggara Ad Hock KPU selalu menjaga integritas dan Independensi sebagai penyelenggara.

Zen menuturkan, Integritas merupakan pertaruhan KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum. Sehingga anggota PPS tetap bekerja dengan profesional, bersinergi, membangun kerja sama dan menjaga komunikasi dengan mitra khususnya Pengawas kecamatan (Panwascam) dan pengawas lapangan (PPL).

“Sumpah baru saja diucapkan oleh teman-teman PPS dan pakta Integritas yang sudah ditandatangani, merupakan jati diri kita sebagai penyelenggara. Kita tetap menjaga independensi dan jangan bertindak sebagai tim sukses,” pesan Zen kepada anggota PPS yang baru dilantik, Senin (15/6/2020) malam tadi.

Masih kata Zen mengharapkan Sinergisitas sesama penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu, “sejatinya kita sama-sama penyelenggara yang dilahirkan dalam satu rahim. Ibarat mata uang yang tidak bisa dipisahkan, untuk itu sukses dan tidaknya pilkada kota ternate tanggung bersama,” sebutnya

Mantan Ketua Panwas Kota Ternate ini juga menyebut, KPU tetap memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat ditengah Pandemi Covid-19. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan tim gugus tugas (Gustu) Covid-19 Kota Ternate.

“Kami diterima ketua gugus, Walikota Ternate dan Sekda dan menyampaikan tahapan pilkada dilanjutkan. Pihaknya mendukung dan siap membantu, karena tim gugus covid ini sampai ditingkat Kecamatan sampai Kelurahan,” ungkapnya

KPU Kota Ternate telah menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan alat kesehatan penyelenggara Ad Hock, “salah satunya masker, Han sanitizer, tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh. Tahapan pertama yang dilaksanakan adalah ferivikasi faktual calon perseorangan,” cetusnya. [ IL Mansur ]/rdy

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait