63 JCH Touna di Lepas Menuju Asrama Haji Palu

  • Whatsapp

Ampana -Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay,SE.,MM melepas secara resmi 63 Jamaah Calon Haji Kabupaten Tojo Una-Una tahun 2023. Bertempat di Masjid Jami At-Taqwa, Kelurahan Ampana, Senin (5/6/2023).

Dalam laporannya, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Touna Hi. Abdul Muluk Lanonci, mengatakan bahwa Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan Ibadah haji merupakan tugas nasional yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Undang-Undang tersebut kemudian dilaksanakan dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler.

“Adapun rincian jumlah jamaah calon haji Kabupaten Tojo Una yang di berangkatkan pada Tahun 2023 Masehi/1444 Hijriah sebanyak 63 orang antara lain Laki-laki 21 orang, Perempuan 41 orang, PHD laki-laki 1 orang,”kata Abdul Muluk Lanonci.

Sementara itu juga, Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengucapkan selamat atas pemberangkatan 63 orang jemaah calon haji Kabupaten Touna tahun 1443 Hijriah /2023 Masehi ke Tanah Suci Mekkah.

“Keberangkatan ini merupakan hal yang patut disyukuri, kepada bapak/Ibu Calon Haji agar dapat mengkondisikan diri, meningkatkan kesabaran dan menata niat dengan tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan minum dan istirahat yang cukup, sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban rukun serta sunnah ibadah haji,”ucap Bupati Touna.

Bupati juga berharap kepada para jamaah calon haji, agar senantiasa memelihara kekompakan, kesatuan dan persatuan di antara sesama jamaah, menjaga nama baik bangsa Indonesia khususnya daerah Kabupaten Tojo Una-Una.

“Semoga insya Allah pelaksanaan ibadah haji Bapak/Ibu menjadi haji yang mabrur karena nilai-nilai ke mabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas Iman, ilmu dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial,”harapnya.

Bupati berpesan kepada Jamaah calon haji agar mendoakan daerah dan bangsa kita dijauhkan dari segala musibah dan bencana. Kepada keluarga yang ditinggal, hendaknya dapat memudahkan para jamaah yang akan berangkat ke tanah suci dengan cara merelakan keberangkatannya serta selalu mendoakan Mereka sehingga lancar dalam beraktifitas di tanah suci dan sampai kembali ke tanah air dengan selamat,”Tuupnya

Kegiatan tersebut turut dihadiri Mantan Bupati Tojo Una-Una Damsik Ladjalani, Sekretaris Daerah Sovianur Kure, Kepala Kantor Kementerian Agama Tojo Una-Una Hi. Abdul Muluk Lanonci, Unsur Forkominda Kabupaten Tojo Una-Una, Unsur Pejabat Pemerintah Daerah, Pimpinan Pondok Pesantren Al Khairat Bantuga Habib Abdurrahman Al Idrus serta Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Tojo Una-Una dan sejumlah Tokoh Agama/Ulama, Tokoh Masyarakat dan Jamaah/keluarga Calon Haji.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait