81 Peserta Balon Kades Mengikuti Tes Tulis 

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Sebanyak 81 orang peserta bakal calon kepala desa yang tersebar di 10 Kecamatan yang ada di kabupaten Bondowoso mengikuti seleksi tes tulis sebagai syarat untuk ikut dalam pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2017.

Dari 81 peserta tes tulis, berasal dari 20 Desa yang ada di 10 Kecamatan diantaranya kecamatan Wringin, Pakem Curahdami, Tapen, Wonosari, Sumberwringin, Jambisari, Botolinggo, Prajekan dan Cerme.

Hal Ini disampaikan oleh Asisten 1 Agung Trihandono saat dikonfirmasi pada saat tes tulis berlangsung, menurutnya Tes tulis ini adalah syarat mutlak untuk menentukan layak atau tidaknya menjadi Calon Kepala Desa.

“Tes tulis ini mengasah kemampuan para Bakal calon kepala desa yang hendak mengikuti Pilkades, karena dengan adanya Tes tulis ini kemampuan para Balon bisa diketahui, sehingga layak untuk menjadi Calon Kepala Desa,” ungkapnya Senin (16/10) di kantornya

Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa adapun ujian tes tulis terhadap para peserta Balon Kades, meliputi pelajaran Agama dan  juga Bahasa Indonesia.

“Ujiannya mendasar saja, tidak terlalu sulit karena sudah terbiasa dilakukan setiap harinya, baik dari soal Agama maupun soal Bahasa Indonesia,” tuturnya.

Nantinya dari semua Balon Kades di setiap Desa hanya akan diikuti 5 Calon saja sedangkan, Balon yang mendaftar lebih dari 5 peserta maka akan gugur.

“Nantinya kita akan melihat nilai paling rendah yang kandidatnya lebih dari 5 orang, dan nilai terendah itulah yang akan gugur sedangkan sisanya yang 5 langsung melangkah ke babak berikutnya untuk ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa,” imbuhnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *