AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ajak Umat Islam Indonesia Muhasabah

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattaliti mengingatkan dan mengajak seluruh umat Islam di Indonesia melakukan ‘Muhasabah’ (mengevaluasi diri-red) di bulan suci Ramadan, mengingat berapa lama kita hidup di dunia ini tentu sudah banyak hal yang telah dilalui dan semuanya berlandaskan tujuan atau keinginan yang akan kita capai.

Namun, tidak semuanya juga sesuai dengan harapan, kadang dibawah ekspektasi atau justru diatas ekspektasi kita. Karena semua itu merupakan bagian dari kehendak Allah Subhanahu wata’ala. Dan, kita sebagai hamba-Nya sudah sepatutnya berusaha dan bertawakal.

“Karena itu agar aktivitas kita tetap di jalan yang istiqamah kita harus menyempatkan diri untuk senantiasa melakukan muhasabah atau dengan kata lain introspeksi diri, terhadap segala aktivitas yang telah dan akan kita laksanakan. Muhasabah adalah bagian dari mengevaluasi diri,” ungkap LaNyalla, Jumat (1/5).

Waktu yang begitu cepat berlalu di bulan Suci Ramadan kali ini, Muhasabah menurut LaNyalla, wajib dilakukan. Karena sejatinya, kata senator Dapil Provinsi Jawa Timur itu, jiwa manusia senantiasa memperturut hawa nafsu dan tidak dapat dipungkiri mengarah kepada keburukan.

Muhasabah, kata LaNyalla, akan memunculkan rasa takut kepada Allah Swt sehingga dapat menjauhkan dari perbuatan maksiat yang disebabkan oleh hawa nafsu tersebut. “Karena itu, sungguh sangat merugi seseorang yang mengabaikan muhasabah melainkan menuruti hawa nafsunya,” tegas laki-laki kelahiran Jakarta, 10 Mei 1959 tersebut.

LaNyalla juga mengingatkan akan pesan Nabi Muhammad SAW dalam salahsatu Hadis tentang lima perkara sebelum datang lima perkara lainnya. “Pesan Nabi Muhammad SAW yang perlu kita renungi adalah manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum miskinmu, masa longgarmu sebelum masa sempitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum datang kematianmu,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait