Abdimas Dosen Fasilkom Ubhara Jaya: Digital marketing, e-commerce dan Pengoptimalan Smartphone

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Pertumbuhan e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup banyak dari tahun 2019 ke tahun 2020, hal ini mempertegas bahwa pentingnya visibilitas bisnis dalam menjangkau konsumen yang potensial untuk diraih dengan memanfaatkan digital marketing.

Fenomena itu menjadi perhatian khusus dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dan mereka tuangkan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas). Kegiatan tersebut merupakan wujud pelaksanaan dari hibah Abdimas yang diketuai oleh Prima Dina Atika, S.Kom., M.Kom dan anggota Fata Nidaul Khasanah, S.Kom., M.Eng.

“Digital marketing yang biasanya terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar dan calon konsumen,” ungkap Prima Dina dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi 28 Juli 2021 dan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara daring.

Di satu sisi, Prima Dina lebih lanjut menjelaskan, digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya.

“Salah satu jenis pemasaran online yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan platform e-commerce yang ada saat ini. Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya untuk pengoptimalan penggunaan smartphone yang tidak hanya digunakan untuk sekedar menulis pesan, melakukan panggilan dan bersosial media saja, namun dapat juga dijadikan sebagai media yang mampu mendukung kegiatan usaha atau bisnis yang dimiliki oleh beberapa Guru SMA Negeri 14 Bekasi,” jelas Prima Dina.

Pada kesempatan yang sama, dosen yang sama-sama melakukan Abdimas, Fata Nidaul Khasanah menjelaskan bahwa metode pelaksanaan kegiatan Abdimas yaitu dengan pelatihan dengan mitra. Hasil yang diharapkan, dapat memberikan informasi kepada Guru SMA Negeri 14 terkait digital marketing, e-commerce dan pengoptimalan smartphone yang dapat mendukung dalam melakukan pemasaran secara online.

“Dalam pelaksanaannya Abdimas itu menjalin kerjasama antar perguruan tinggi, yaitu Ubhara Jaya dengan Universitas Islam 45 Bekasi. Kerjasama yang dilakukan berupa keterlibatan dosen sebagai narasumber untuk penyampaian materi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat,” jelas Fata.

Materi pertama, sambung dia, memaparkan mengenai pengantar digital marketing serta peranan smartphone untuk dioptimalkan dalam hal bisnis.

“Materi pertama dipaparkan oleh Prima Dina Atika, S.Kom., M.Kom. dengan tim antara lain Herlawati, S.Si., M.M., M.Kom dan Dr. Tyastuti Sri Lestari,” jelas Fata.

Kemudian, materi selanjutnya lebih mengarah praktek secara langsung bagaimana cara memulai bisnis dengan memanfaatkan e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia,” ia melanjutkan.

“Materi tersebut dipaparkan oleh saya sendiri yang berkelompokkan dengan dosen lain Rafika Sari, S.Si., M.Si., Endang Retnoningsing, S.Kom., M.Kom. dan Rahmadya Trias handayanto, Ph.D.,” ujar Fata.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya kegiatan dimulai dengan sambutan dekan Fakultas Ilmu Komputer Herlawati, S.Si., M.M., M.Kom. dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 14 Bekasi Dedi Suryadi, S.Pd., M.M. Dan di akhir kegiatan dilakukan jejak pendapat atau survey mengenai kegiatan ini dengan menggunakan aplikasi mentimeter.

“Dari hasil survey menunjukkan para peserta kegiatan ini merasa materi yang dipaparkan sangat bermanfaat dan berharap agar dilakukan kembali kegiatan yang serupa dalam durasi waktu yang lebih lama. Hal ini juga ditunjukkan dengan antusiasnya peserta untuk memberikan pertanyaan dari beberapa guru SMAN 14 Bekasi baik sebelum dan setelah kegiatan ini dilaksanakan,” pungkas Fata. (red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait