Ada Kampung Donor Darah di Kabupaten Jember

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com I Salah satu ‘Kampung Donor Darah’ di Kabupaten Jember terletak di Dusun Kidul Besuk, Desa/Kecamatan Ajung.

Pernyataan dan pengukuhan itu, langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Jember E.A Zaenal Marzuki, usai melakukan pengukuhan di Kampung Donor Darah, Minggu (28/3/2021).

Bacaan Lainnya

“Sementara untuk Jember, ini pertama kali. Mungkin ini saya sebut, yang pertama kali ditingkat nasional, ada Kampung Donor Darah di Jember,” katanya.

PMI Jember, memang sengaja mengukuhkan Kampung Donor Darah di Dusun Kidul Besuk. Karena, ini bentuk apresiasi dari PMI Jember maupun PMI secara nasional.

“Memang disini pendonor jumlahnya banyak, selalu rutin dan ini sangat luar biasa. Karena masyarakat secara sukarela dan inisiatif sendiri melakukan donor darah,” jelasnya.

Maka dari itu, sudah sepantasnya PMI, khususnya PMI Jember memberikan pengakuan kepada Dusun Kidul Besuk, Ajung untuk memberikan SK Pengukuhan sebagai Kampung Donor Darah.

Adanya ini, Zaenal berharap, akan muncul kampung donor darah di wilayah lain. Sehingga kebutuhan darah, untuk wilayah jember dan jejaring Jawa Timur serta nasional, tidak sampai terjadi kekurangan.

“Dengan terbentuknya Kampung Donor Darah, bisa menjadikan stok darah cukup banyak,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dusun Kidul Besuk Khofifah menyampaikan, sangat bersyukur dusunnya dijadikan Kampung Donor Darah.

“Sebagai kepala dusun, saya hanya bisa mendukung kegiatan ini, bersama karang taruna serta Yayasan Baitur Rahman Al-Mustafid (BRAM),” terangnya.

Melihat antusiasme warga, sebelum pelaksanaan, dirinya bersama relawan lain memberitahukan kepada warga adanya pelaksanaan donor darah.

“Disini kurang lebih 25 kali pelaksanaan donor. Kurang lebih peserta sekitar 50 orang dan selalu memenuhi target disini,” ujarnya.

Sedangkan untuk pendonor, tidak hanya berasal dari Dusun setempat, bahkan seluruh desa ajung dan sekitarnya, juga turut serta.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat, bagi masyarakat yang membutuhkan dan semoga dijadikan amal soleh,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait