Adam Rusydi Ajak Masyarakat Lestarikan Permainan Tradisional

  • Whatsapp

SIDOARJO, Beritalima.com|
Anggota DPRD provinsi Jatim Adam Rusydi SPd menceritakan masa kecilnya yang selalu menjadi kenangan indah baginya.

Menurut ketua DPD partai Golkar Sidoarjo ini, permainan tradisional yang ada di Indonesia ini, penuh dengan makna. Berbagai permainan dimainkan dengan tekun tetapi dihiasi oleh tawa dan canda penuh kegembiraan. Masa indah itulah yang saat ini tidak dinikmati oleh anak-anak, terutama anak-anak yang hidup di perkotaan.

“4 fakta permainan Engkle atau engklek sebenarnya berasal dari bahasa Belanda. Permainan Engkle awalnya berasal dari bahasa Belanda yaitu Zondag Maandag. Permainan ini awalnya populer di kalangan anak perempuan pada masa penjajahan Belanda. Hingga kini permainan Manda Engklek tak lekang oleh waktu dan tetap dimainkan oleh sebagian masyarakat yang hidup di pedesaan,” terang ketua komisi A DPRD provinsi Jatim ini.

Pria muda berparas tampan yang selalu tampil penuh energik ini menuturkan, permainan tradisional engkle biasanya dimainkan di halaman rumah atau di tanah lapang. Cara memainkannya dengan menggambar pola kotak-kotak atau persegi panjang yang berukuran sekitar 30-60 centimeter persegi.

“Untuk menggambarnya dapat menggunakan kapur tulis, arang, atau pecahan genteng. Untuk mengawali permainan, dilakukan dengan hompimpah. Anak-anak yang ingin memainkan permainan Sunda Manda Engklek dapat memulainya dengan hompimpa atau suit untuk menentukan giliran. Peserta yang menang dapat memulai permainan terlebih dahulu,” paparnya.

Dalam permainan tradisional engkle ini, memang membutuhkan energi karena harus melompat dari satu kotak ke kotak yang lain, yang ada diatasnya. Gerakan ini seperti olahraga, jadi sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

“Permainan Engkle memiliki banyak gerakan yang melompat sehingga sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Permainan ini dapat melatih kekuatan otot kaki. Selain itu juga dapat melatih keseimbangan kaki dan ketepatan lemparan. Permainan ini juga membantu melatih untuk berpikir strategis agar dapat memenangkan permainan,” tandasnya..

“Ada yang belum pernah main engkle?,” tukasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait