Agar Makin Variatif, Dinas Perkim Tambah Lampu Dekoratif

oleh -189 views

MADIUN, beritalima.com- Agar makin variatif, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman(Perkim) Kota Madiun, Jawa Timur, menambah lampu dekoratif di beberapa sudut kota.

Seperti yang terlihat di bundaran depan kantor Kecamatan Taman, Kota Madiun. Di tempat ini, Dinas Perkim memasang lampu light-emitting diode (LED) dekoratif. Lampu ini cukup menarik. Baik warna maupun bentuknya. Lampu beragam warna ketika malam. Sebab, lampu setingga lima meter itu berlapis akrilik berwarna-warni. Mulai, merah, kuning, hijau, biru, dan ungu. Tak heran, mengeluarkan beragam warna kala dinyalakan.

‘’Di dalamnya terdapat belasan lampu LED. Tidak terlalu terang, karena fungsinya lebih kepada fungsi estetika atau keindahan,’’ kata Kasi Pertamanan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, Ardiyanto, Jumat 19 Januari 2018.


Bentuknya juga tak kalah menarik. Sebab, tak memiliki bentuk pasti. Sekilas terlihat seperti segitiga. Namun, sudutnya tak beraturan. Bahkan, kontruksinya sengaja dibuat sedikit miring. Tidak tegak lurus. Pun, derajat kemiringan tiap sisi arahnya berbeda-beda. Tak heran, menarik pandangan pengendara yang melintas. Kendati begitu tidak perlu khawatir roboh. Terdapat rangka besi didalamnya.

‘’Kontruksi kami adopsi dari lampu dekoratif di perayaan Vivid Sydney di Australia. Tetapi bentuknya kami kembangkan lagi,’’ terangnya.

Pembuatan lampu dekoratif tersebut menghabiskan anggaran Rp. 139 juta. Namun, bukan hanya untuk lampu dekoratif tersebut. Anggaran sudah satu paket dengan lampu sorot pohon di Alun-alun dan lampu bentuk daun di tiga lokasi yang juga di kawasan Alun-alun. Keindahan Kota Madiun memang tidak hanya dapat dinikmati kala siang. Pihaknya berharap keindahan juga dapat dinikmati kala malam.

‘’Ini memang sebagai lampu hias. Jadi tidak mengedepankan unsur penerangan,’’ jelasnya. (Kominfo).