Agun Ingatkan Pentingnya Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Politisi senior Partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya memperhatikan protokol kesehatan (prokes) di tengah-tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang masih melanda Indonesia.

Bahkan, Wakil Ketua Umum Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) tersebut mengatakan, lonjakan pandemi Covid-19 telah membuat Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sampai 28 Juni mendatang.

Agun yang juga Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI dalam audio yang diterima Beritalima.com, Rabu (24/6) ma;am mengatakan, virus Covid-19 masih mengintai kesehatan masyarakat di sejumlah daerah. Itu dibuktikan dengan terjadinya lonjakan Covid-19 di sejumlah daerah di tanah air.

Sabtu lalu tercatat terjadi lonjakan dengan 9868 kasus harian Covid-19. Dan, itu angka tertinggi sejak 22 Pebruari 2021 dimana tercatat 10.614 kasus. “Itu dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat selaku satuan tugas penanganan Covid-19,” kata Agun.

Politisi senior yang sudah enam kali tanpa jedah dipercaya menjadi wakil rakyat ini mengatakan, virus Covid-19 bisa melayang diudara. Virus Sars COV2 mikro ganismeitu dilepaskan ketika seseorang berbicara, batuk atau bersin. yang menghasilkan tetesan dalam berbagai ukuran.

Tetesan atau buliran ini kata wakil rakyat dari Dapil X Provinsi Jawa Barat meliputi Kabupaten Pengandaran, Ciamis, Kuningan dan Kota Banjar itu yang menimbulkan penyakit.

Karena itu, kata Kang Agun sapaan akrab pria kelahiran Bandung, 13 Nopember 1958 tersebut, inilah pentingnya menjaga jarak, mencuci tangan serta menggunakan masker medis yang direkomndasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Jika menggunakan masker kain, kata anggota Komisi XI DPR RI itu, harus lapis tiga dan diganti setiap empat jam. Bila masker itu basah, segera ganti dengan masker baru.

Jika terpaksa membawa masker, lanjut Agun, kita harus melihat situasi sekitar, kendalikan ancaman dan pahami resiko. “Jangan lengah dan mnganggap sepele. Penting untuk tetap waspada. karena memang pandemi artinya ada disekitar kita,” jelas Agun.

Untuk memutus mata rantai Covid 19 semakin tinggi masyarakat wajib pertimbangkan zona. Bila zona, lebih baik di rumah saja. “Jangan lengah tetap disiplin. Prokes sekarang adalah bagian dari gaya hidup kita. Salam lima jari,” demikian Agun Gunandjar Sudarsa. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait