Air Pasang Rendam Puluhan Hektare Padi di Abdya

  • Whatsapp

ACEH BARAT DAYA (ACEH) Beritalima.com- Dalam sepekan terakhir muara Kuala Tangan-Tangan, Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tersumbat. Akibatnya, aliran Krueng Tangan-Tangan terhenti sehingga mengakibatkan air merendam puluhan hektar tanaman padi milik warga.

Informasi yang diperoleh Wartawan Kamis (1/6) menyebutkan, akibat penyumbatan muara kuala tersebut sejumlah areal persawahan yang baru ditanam seperti di Gampong Padang Kawa dan Blang Padang, Kecamatan Tangan-Tangan terendam.

Hal tersebut dbemarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin ketika dihubungi melalui telepon selulernya, mengakui laporan adanya genangan air yang diakibatkan penyumbatan mulut Kuala Tangan-Tangan itu baru didapatkannya dari Camat setempat.

“Setelah adanya laporan itu, saya langsung meninjau lokasi bersama Camat Tangan-Tangan, didampingi sejumlah petani,” sebut Amiruddin.

Dia menjelaskan, ketinggian air pasang yang merendam tanaman padi di dua gampong itu rata-rata mencapai selutut orang dewasa.”Akibat genangan itu memang padi tenggelam total,” imbuh Amiruddin.

Amiruddin menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penggalian mulut Kuala Tangan-Tangan dengan menggunakan alat berat sehingga tidak berdampak terlalu lama bagi petani.

“Insya Allah, Kita akan menurunkan beko, karena setelah dilakukan secara manual oleh warga setempat tidak berhasil,” katanya. (Jul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *