Air Terjun Saluopa Bertingkat 77 Obyek Wisata Alami di Pinggiran Danau Poso

  • Whatsapp

POSO. Berkunjung ke Poso Sulawesi Tengah, rasanya belum lengkap dan tidak membawa kesan dan kenangan jika tidak mendatangi obyek wisata alami Air Terjun Saluopa bertingkat 77 luncuran air, berlokasi pada bagian utara pinggiran Danau Poso, 3 KM, dari Desa Tonusu dan 16 KM dari Kecamatan Tentena atau 73 KM dari Kota Poso.

Lokasi wisata Air Terjun Saluopa ini memiliki 7 tingkat variatif dengan tinggi luncuran air bervariasi mulai dari 3 meter sampai 15 meter. Apabila di hitung dengan ketinggian 1 meter maka total jumlah tingkatan luncuran air terjun semuanya berjumlah 77 tingkat.

Makna kata Saluopa di ambil dari kata dasar bahasa Bare’e Pamona Poso, yaitu salu artinya air jatuh dan opa artinya umpan dengan demikian makna kias terkandung dalam kata Saluopa adalah sungai air terjun yang di sekitarnya banyak terdapat umpan untuk memancing berupa, cacing tanah, cacing kayu, lipan dan semut rang-rang dalam bahasa Manado Laga

Suasana suara alam tersaji di lokasi ini, gemercik air terjun, suara serangga hutan dan berbagai jenis burung ditambah hembusan angin danau dan angin gunung menyajikan persona alam yang nyaman dan ketenangan berada di tengah alam bebas.

Pepohonan dan tumbuhan lain di hutan pada kawasan Air Terjun Saluopa masih terpelihara dan dirawat secara baik oleh warga sekitar lokasi obyek wisata ini.

Pohon kayu disekitarnya tumbuh besar, terdapat dan menjulang tinggi ke angkasa. Terlihat berbagai tanaman hutan seperti rotan, eboni, bambu dan lainnya.

Setiap saat pengunjung obyek wisata ini dapat, mendengar suara burung bersahut sahutan, juga masih sering ditemukan beragam jenis dan warna warni kupu kupu beterbangan.

Aliran air dari sungai dari Air Terjun Saluapa mengarah ke Danau Poso, kemudian diteruskan oleh Sungai Tentena Poso menuju laut membelah Kota Poso.

Pada muara aliran air terjun itu sering ditemukan bebas berenang berbagai jenis ikan air tawar seperti, mujair, gabus, lele dan di bagian hulu Sungai Saluapa masih dapat ditemukan ikan endemik dan ciri khas Danau Poso yakni ikan sidat dan katak besar.

Obyek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara sehingga masyarakat sekitar lolasi wisata membuka kios makanan dan minuman serta cinderamata khas Tana Poso.

Sekitar air terjun juga tersedia penginapan dengan harga terjangkau bagi wisatawan yang akan menginap beberapa hari di sekitar Danau Poso.

Sejumlah turis mancanegara pernah datang mengunjungi wisata air terjun tersebut, dan tanggapan mereka menyatakan, Air Terjun Saluopa, merupakan, daerah tujuan wisata dengan obyek air terjun terindah dari beberapa air terjun yang pernah dikunjungi di Indonesia, katanya. (yosafat tabasi/yahya).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait