Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan, Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Gemarikan

  • Whatsapp
Gebyar Gemarikan yang digelar Pemerintah kabupaten Sumenep melalui dinas kelautan Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com| Bertempat di taman Adipura Potre Koneng Sumenep, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kelautan Kabupaten Sumenep menggelar Gebyar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pada Rabu malam (03/ 07/ 2019).

Bupati Sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. didampingi Kepala dinas Kelautan kabupaten Sumenep menyerahkan penghargaan dan sejumlah uang pembinaan kepada pemenang lomba Lomba Mewarnai tingkat PAUD/TK dan Lomba Memasak Berbahan Dasar Ikan (ikan tengiri, lele dan nila) untuk Menu Keluarga

Gebyar Gemarikan yang diisi dengan lomba cipta menu olahan masakan ikan dan lomba mewarnai bertema “ikan” di ikuti seluruh OPD dan kecamatan di Kabupaten Sumenep.

Bupati sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. mengapresasi massifnya sosialisasi gerakan makan ikan di sumenep, sehingga tingkat konsumsi ikan di sumenep termasuk tertinggi di jawa timur dalam lima tahun terakhir.

“Mari kita jadikan menu ikan sebagai menu favorit di keluarga masing-masing. Selain menyehatkan juga ekonomis jika dibandingkan dengan daging dan sebagainya, sehingga perlu adanya diversifikasi menu harian berbahan ikan agar tidak timbul kebosanan”, imbuh Bupati dua periode ini.

Ia juga berharap dinas perikanan kabupaten sumenep meningkatkan sosialisasi pentingnya program kartu nelayan dan asuransi nelayan sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Arif Rusdi, saat dikonfirmasi mengatakan, agenda rutin tahunan gebyar gemarikan digelar, dalam rangka meningkatkan minat masyarakat mengonsumsi ikan.

“Gebyar Gemarikan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, karena makan ikan membuat tubuh menjadi sehat, kuat dan cerdas,” tuturnya.

Pihaknya menambahkan, gebyar gemarikan tahun ini dirangkai dengan berbagai kegiatan antara lain yakni, Sosialisasi Gemarikan, Lomba Mewarnai tingkat PAUD/TK dan Lomba Memasak Berbahan Dasar Ikan (ikan tengiri, lele dan nila) untuk Menu Keluarga.

“Bagi pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan serta akan dibagikan ikan secara gratis kepada masyarakat tidak mampu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penduduk Indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih rendah bahkan di kawasan Asia Tenggara Indonesia kalah dari Singapura dan Malaysia, apalagi dibandingkan dengan Jepang dan Korea.

Sebelum acara berakhir, Bupati Sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. didampingi Kepala dinas Kelautan kabupaten Sumenep menyerahkan penghargaan dan sejumlah uang kepada pemenang lomba Lomba Mewarnai tingkat PAUD/TK dan Lomba Memasak Berbahan Dasar Ikan (ikan tengiri, lele dan nila) untuk Menu Keluarga.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *