Ajang Balap Sepeda “Suroboyo Race 2022” Meriahkan HJKS Ke 729

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) kembali menggelar lomba balap sepeda “Suroboyo Race 2022” di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT). Seperti di tahun 2021 lalu, para peserta balap sepeda akan bersaing ketat memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya.

Kepala Bidang Olah Raga Dinas Kebudayaan, Dinas Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya, Trio Wahyu Bowo mengatakan, lomba balap sepeda yang digelar pada tahun ini istimewa, karena masuk dalam rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729.

Trio menjelaskan, pelaksanaan lomba balap sepeda kali ini akan digelar pada Minggu 15 Mei 2022 mulai pukul 06.00 WIB. Untuk pendaftarannya sudah dibuka mulai kemarin hingga tanggal 13 Mei 2022. Nantinya, para peserta ini akan dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya Men/Women Youth usia 16 tahun ke bawah, junior 17 – 18 tahun dan elite 19 – 30 tahun.

“Selain itu, ada juga kategori Men yang terdiri dari Master A usia 31 – 40 tahun, Master B usia 41 – 50 tahun, Master C usia 51 tahun ke atas. Sedangkan untuk kategori Mini Track, Fixie, dan Sepeda Lipat (Seli) bisa diikuti semua usia,” kata Trio, Kamis (28/4/2022).

Dalam perlombaan ini juga ada kategori bagi penghobi, diantaranya yaitu kategori Hobbies Men usia 31 – 40 tahun, Hobbies Men B usia 41 – 50 tahun dan Hobbies Men C usia 51 tahun. Sementara itu, untuk kategori Hobbies Women A usia 31 – 44 tahun dan kategori B usia 45 tahun ke atas.

“Untuk rutenya, nanti para peserta balap akan keliling di sirkuit sepanjang 1200 meter itu, dengan beberapa kategori tersebut,” ujarnya.

Trio mengatakan, dalam kegiatan ini Pemkot Surabaya juga disupport oleh Komite Nasional Olah Raga Indonesia (KONI) Kota Surabaya, Indonesian Cycling Federation atau Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surabaya dan Coach I.

Selain dalam rangka memperingati HJKS Ke 729, Suroboyo Race juga bagian dari pendukung program Sport Tourism yang digaungkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Seiring digelarnya perlombaan balap sepeda nanti, pemkot juga menyediakan fasilitas untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya yang tak jauh dari area sirkuit.

“Jadi, nanti UMKM binaan Pemkot Surabaya itu akan ditempatkan di sekitar area balapan. Sehingga nanti ketika para pembalap itu. Membutuhkan minum atau makan, tidak perlu jauh-jauh untuk membeli,” jelasnya.

Rencananya, lanjut Trio, perlombaan ini akan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi. Ia menghimbau kepada warga Surabaya maupun yang berada di luar kota untuk turut hadir dan bisa mendaftarkan diri memeriahkan Suroboyo Race ini.

“Kami harap warga menyambut antusias mendaftarkan diri dalam Suroboyo Race tahun ini. Untuk hadiahnya total ada Rp 100 juta,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait