Anggaran Bersih Bersih Lingkungan Tahun 2023, Rp 5 Juta Tiap RT

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, meningkatkan anggaran kegiatan bersih-bersih lingkungan di tahun 2023.

Dikutip dari madiuntoday, anggaran bersih-bersih itu, sebelumnya hanya Rp 9 juta per RW. Tahun ini, ditingkatkan menjadi Rp 5 juta per RT. Harapannya, pembersihan lingkungan makin maksimal.

‘’Jadi urusan kebersihan lingkungan memang kita libatkan masyarakat. Tahun ini anggarannya kita tingkatkan,’’ kata Walikota Madiun, H. Maidi, Rabu 11 Januari 2023.

Anggaran sebesar itu, lanjutnya, dirasa cukup untuk urusan kebersihan lingkungan di tiap RT. Mulai bersih-bersih saluran, gang, jalan, dan lain sebagainya.

Anggaran tersebut juga bisa digunakan masyarakat setempat untuk membeli peralatan atau upah yang mengerjakan. Yang terpenting bisa dipertanggungjawabkan.

Walikota berharap masyarakat semakin bersemangat dalam membersihkan lingkungan masing-masing serta bersemangat dalam menjaga lingkungannya.

‘’Kalau yang membersihkan masyarakat sendiri, saya optimis hasilnya juga lebih maksimal. Itung-itung itu untuk lingkungan tempat tinggal mereka sendiri,’’ jelasnya.

Program tersebut, saat ini masih dalam tahapan penghimpunan usulan titik yang mau dibersihkan. Dihimpun melalui ketua RT dan RW untuk dilaporkan ke masing-masing kelurahan. Harapannya, program bisa tepat sasaran.

Maidi menyebut, program ditargetkan Februari sudah mulai jalan. ‘’Prinsipnya, sebelum musim penghujan depan, lingkungan sudah harus bersih. Program ini juga sekaligus untuk mengantisipasi banjir. Jadi fokus utamanya memang pembersihan saluran lingkungan,’’ pungkasnya. (Dibyo).

Ket. Foto: H. Maidi (foto beritalima.com).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait