Anggota DPR RI HMS Hadiri Puncak Hari Jadi Sumbawa ke- 63

  • Whatsapp

Sumbawa Besar NTB. beritalima.com|
Perayaan Hari Jadi Kabupaten Sumbawa ke-63 berlangsung dengan khidmat dan penuh semarak dengan pemaparan berbagai keberhasilan yang telah diraih selama ini serta menampilkan berbagai atraksi dari beragam suku adat yang ada di Sumbawa yang digelar di halaman kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (22/01/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan, tepat pada Hari Jadi Kabupaten Sumbawa ke-63 ini, selama 8 bulan 27 hari, dirinya bersama Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany S.Pd., M.Pd,. telah menjalankan roda pemerintahan beserta segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Bupati berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja yang sudah baik, membenahi apa yang masih kurang dan berusaha sekuat tenaga mempercepat kemajuan Tau dan Tana’ Samawa.Dalam waktu yang singkat tersebut, Bupati menyampaikan beberapa prestasi dan kemajuan pembangunan yang telah dicapai. Di antaranya, transisi pemerintahan telah berjalan lancar, proses penyusunan perencanaan pembangunan lima tahun telah diselesaikan tepat waktu, desain penyederhanaan birokrasi, penataan dan penempatan aparatur telah berjalan lancar, serta berbagai agenda kerja jangka pendek telah terlaksana dengan baik.

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan beberapa prestasi, antara lain berhasil mempertahankan untuk kesembilan kalinya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Dari aspek akuntabilitas kinerja pemerintah, Kabupaten Sumbawa juga berhasil mempertahankan Predikat B dari hasil evaluasi Kemenpan-RB terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan.

Kemudian dalam hal keterbukaan informasi publik, pada tahun 2021, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

Sementara, dalam bidang olahraga, para atlet Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih prestasi membanggakan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional ke-XX di Papua. 7 dari 9 Atlet Kabupaten Sumbawa berhasil menyumbangkan 5 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu. Pada Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) ke-XVI di Papua tahun 2021, 2 dari 3 atlet penyandang disabilitas Kabupaten Sumbawa, berhasil menyumbangkan 1 medali emas dan 2 medali perunggu.Sedangkan dalam hal penanganan pandemi, berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 4 Tahun 2022, status pandemi Kabupaten Sumbawa sudah berada pada level-1 bersama 9 Kabupaten/Kota lainnya di NTB.

Atas dukungan semua pihak terutama kerja keras Tim Vaksinasi serta kolaborasi dengan TNI-POLRI, capaian vaksin hingga 20 Januari 2022, dosis-1 telah mencapai 80,26%, dosis-2 sebanyak 57,39%, dosis-3 mencapai 3.363 orang; dan pada tanggal 14 Januari yang lalu telah dimulai pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun yang dilanjutkan hingga Kecamatan dan Desa.

Selain itu, berdasarkan hasil verifikasi Tim Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih prestasi sebagai Kabupaten bebas ODF (Bebas Buang Air Besar Sembarangan), sebagai ikhtiar mendukung agenda pembangunan nasional yaitu implementasi lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa juga menyebutkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga sedang mempersiapkan data, fasilitas sarana dan prasarana yang menjadi persyaratan utama perhelatan kejuaraan Motor Cross kelas dunia, MXGP di Kawasan Samota Sumbawa.

“Kami mengharapkan do’a dan dukungan semua pihak semoga even internasional tersebut dapat terlaksana di Pulau Sumbawa ini,” tutup Bupati.

Tampak Hadir Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional ) Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST,.MM akrab disapa HMS kepada media mengatakan berharap dengan 63 tahun tana samawa bisa memberikan warna bagi kemajuan NTB umumnya, dan saya juga mengapresiasi adanya parade berbagai etnis yang ditampilkan, ini menunjukkan bahwa betapa kehidupan berbangsa bernegara diseluruh tanah air ini harus kita bina terlebih di tana samawa tercinta.

“Disamping itu juga diadakan pameran UMKM untuk memberikan dukungan terhadap produksi lokal untuk dapat berkembang ditengah kondisi covid seperti ini, sehingga mampu meningkatkan perekonomian di tengah- tengah masyarakat tana samawa.” Kata HMS yang sebentar lagi menyandang Doktor dari Universitas Brawijaya (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait