Mengasihi Sepenuh Hati

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Di pagi tanggal 23.1.22 di stasiun metro TV sedang membahas tentang Air Susu Ibu dalam program yang disebut
“Mengasihi Sepenuh Hati” rasanya ini menarik dan perlu diketahui oleh segenap masyarakat umum.
Air susu ibu adalah kodrat alami yang diberikan kepda ibu untuk menyusuikan anaknya dari baby hingga 2 tahun lamanya .ASI eksklusif menyediakan zat gizi penting bagi bayi selama beberapa bulan pertama kehidupan. Namun, wujud air susu ibu (ASI) tidak selalu sama sejak pertama kali menyusui bayi. Ya, ada beberapa jenis ASI dengan warna, kandungan, hingga tekstur kental dan cair yang berbeda pula. Supaya tidak salah, simak semua hal seputar ASI termasuk kebutuhan ASI bayi baru lahir hingga usia beberapa bulan.

Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.ASI adalah Air Susu Ibu yang merupakan sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Pemberian ASI untuk bayi disarankan hingga Si Kecil berusia 2 tahun. Setelah menginjak usia 6 bulan, biasanya bayi diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Meski demikian, pemberian ASI disarankan terus berlanjut hingga usia 2 tahun.

Ada banyak alasan mengapa memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan sangat penting. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ibu ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati tercinta. Selain itu, memberikan ASI eksklusif juga akan memberikan sejumlah manfaat untuk ibu.

KANDUNGAN ASI
1. Protein
2. Karbohidrat
3. Lemakaa
4. Karnitin
5. Vitamin
6. Mineral
Secara umum, berikut rata-rata kebutuhan ASI bayi yang baru lahir:
Hari ke-1 kelahiran: 7 mililiter (ml)
Hari ke-2 kelahiran: 8-14 ml
Hari ke-3 kelahiran: 15-38 ml
Hari ke-4 kelahiran: 37-58 ml
Hari ke-5,6,dan 7 kelahiran: 59-65 ml
Hari ke-14: 66-88 ml

ASI merupakan nutrisi yang sangat penting bagi bayi. Pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama yang kemudian dilanjutkan sampai usia 2 tahun dan didampingi pemberian MPASI yang aman dan sehat sangat dianjurkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.
Berikut proses perkembangan berbagai jenis ASI sejak awal bayi lahir sampai beberapa waktu kemudian:
1. Kolostrum
Kolostrum adalah ASI yang keluar pertama kali. Berbeda dengan warna susu pada umumnya, kolostrum memiliki warna putih agak kekuningan.

2. ASI transisi
Setelah produksi kolostrum habis, sekitar 7-14 hari usai melahirkan jenis ASI kemudian berubah. Perubahan air susu ibu ini dinamakan transisi.

3. ASI matur
ASI matur juga disebut sebagai jenis air susu ibu matang. Sesuai dengan namanya, air susu ibu matang merupakan salah satu jenis yang diproduksi di tahap terakhir.

MANFAAT AIR SUSU IBU
ASI dapat menurunkan risiko terjadinya
1. infeksi saluran pernapasan bawah (ISPA) (72%),
2. infeksi telinga tengah (50%), pilek yang serius
3. Infeksi saluran telinga dan tenggorokan (63%),
4. Infeksi saluran pencernaan nonspesifik (64%),
5. kanker darah putih atau leukemia (20%),
6. penyakit peradangan usus (31%),
7. asma dan alergi kulit (42%)
8. Sindrom kematian bayi tiba-tiba (73%).

Efek positif dari pemberian ASI eksklusif dapat terasa saat si Kecil beranjak dewasa. Hal ini terbukti menurunnya risiko diabetes melitus tipe I dan II, dan obesitas. Saat si Kecil menyusu, tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon ini penting untuk mengurangi pendarahan setelah persalinan dan mempercepat proses penyusutan rahim. Hormon ini juga berperan dalam membangun ikatan emosi Ibu dengan si Kecil.

KEUNTUNGAN ASI
1. Penurunan jumlah kasus pelecehan atau penelantaran anak
2. Penurunan risiko terjadinya diabetes melitus tipe II, hipertensi, hiperlipidemia, serta penyakit jantung dan pembuluh darah
3. Penurunan risiko kanker payudara dan kanker indung telur

Ada dua jenis warna dan tekstur ASI matur yang bagus, yakni:
1. Foremilk
Jenis ASI ini berwarna sedikit jernih dan kebiru-biruan. Warna tersebut menandakan bahwa air susu ibu memiliki kandungan lemak yang cukup rendah.Foremilk merupakan jenis air susu ibu yang biasanya keluar di awal-awal menyusui. Kandungan lemaknya yang cukup sedikit membuat tekstur foremilk cenderung encer.

1. Hindmilk
Hindmilk memiliki tekstur yang jauh lebih kental tapi tidak kalah bagus dan baik.warna hindmilk cenderung putih bahkan agak kekuningan sebagai pertanda kandungan lemaknya yang tinggi

MANFAAT ASI UNTUK BAYI
Asupan yang paling baik untuk diberikan kepada si kecil adalah ASI. Selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, ibu tidak perlu memberikan tambahan asupan apa pun lagi, karena air susu ibu sudah memenuhi nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Contohnya seperti vitamin, protein, dan lemak. Ini manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi:
1. Sebagai Antibodi Bayi
2. Penting untuk Tulang
3. Mencerdaskan Bayi
4. Berat Badan Bayi Tetap Seimbang
5. Mengurangi Risiko Sindrom Kematian Mendadak
6. Bayi Mendapat Banyak Asupan Kolesterol

MANFAAT ASI UNTUK IBU
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan bayi, memberikan ASI eksklusif juga dapat mendatangkan sejumlah keuntungan untuk ibu, yaitu:
1. Membantu Ibu Menurunkan Berat Badan
2. Membangun Keintiman dengan Si Kecil
3. Menyusui Bisa Menjadi KB Alami
KESIMPULAN bawa ASI memberikan manfaat ganda :
1. Sebagai nutrisi
2. Sebagai imunitas tubuh
3. Sebagai tali kasih sayang antara ibu- anak
4. Memperlambat kehamilan
Dengan perkataan lain ASI adalah kodrat alamiah sebagai anugraha Tuhan yang luar biasa kami himbau kepada ibu muda jangan segan memberikan ASI kepsda anakmu dan jangan berpikiran bahwa ibu memberikan ASI payudara jadi jelek dan kendor.Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan, air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya. ASI mengandung banyak komponen yang sesuai dengan kebutuhan bayi
RobertoNews 1209《23.1.22(10.55)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait