Angka Pengangguran di Kota Madiun Semakin Turun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Madiun, Jawa Timur, semakin turun. Hal itu dibuktikan dengan hasil pendataan yang dilakukan petugas Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Madiun. Hasil pendataan petugas, TPT di Kota Madiun sebanyak 4,36 persen atau 4.004 orang.

Walikota Madiun, H. Maidi, optimis TPT akan semakin bisa ditekan ke depan.

“Angka pengangguran kita semakin turun. Data di BPS menyatakan ada penurunan dari 2021 dibanding 2022 lalu. Kemudian, hari ini hasil pendataan dari Dinas Tenaga Kerja juga tercatat turun lagi. Ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi kota kita,” kata Walikota Madiun, H. kota saat Updating Informasi Data Ketenagakerjaan, Senin 13 Februari 2023.

Data BPS, angka pengangguran di Kota Madiun pada 2021 lalu tercatat sebesar 8,15 persen. Sementara pada 2022 lalu sebesar 6,39 persen atau 6.188 orang.

Untuk itu, Pemerintah Kota Madiun tidak tinggal diam. Penelusuran angka pengangguran terbuka dilakukan melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM. Hasilnya, angka pengangguran tercatat di angka 4,36 persen atau 4.004 orang.

“Angka pengangguran terbuka ini penting untuk menentukan kebijakan ke depan. Apalagi, data ini sudah by name, by address. Jadi penanganannya bisa tepat sasaran,” ungkapnya.

Walikota menyebut, petugas memang melakukan pendataan langsung dari rumah ke rumah. Artinya, bukan sekedar sampel. Bahkan, angka pengangguran tersebut bisa semakin turun. Sebab, sebanyak 4.004 orang tersebut dalam rentang usia 15-45 tahun sesuai dengan UU tenaga kerja. Sedangkan usia 15-18 di Kota Madiun kebanyakan masih berstatus pelajar. Artinya, mereka yang benar-benar pengangguran kurang dari angka 4.004

“UMKM terus kita kembangkan sehingga banyak menyerap tenaga kerja. Selain itu, juga kita berikan pelatihan-pelatihan,” terangnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kiri) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait