Anies Akan Selenggarakan Pendidikan Agama Hindu di Sekolah

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan menyelanggarakan pendidikan Agama Hindu di Sekolah yang ada di Jakarta. Hal tersebut dikatakan Anies ketika meresmikan Pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (05/11/2017).

Menurut Anies, masyarakat Hindu di Jakarta sedikitnya berjumlah 105 ribu orang dan banyak diantara mereka masih di jenjang pendidikan dan salah satu tantangannya adalah pendidikan agama disekolah. Undang-undang pendidikan nasional mewajibkan pemerintah untuk memberikan fasilitas pendidikan agama sesuai dengan keyakinannya dan itu merupakan tanggung jawab yang harus di laksanakan.

“Saat ini umat hindu yang ada di Jakarta mengalami kesulitan karena terkendala penyebaran siswa dan guru,”kata Anies

Gubernur DKI Jakarta berkomitmen untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak umat hindu bisa dilaksanakan untuk semuanya. “Kita nanti akan atur apakah nanti akan di selenggarakan pada hari Sabtu atau Minggu dan kita akan sediakan gurunya serta tempatnya dan memastikan anak-anak mereka juga mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan keyakinannya dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan konstitusi,”terang Anies.

Selain itu Anies juga berkomitmen kepada masyarakat umat Hindu untuk menyediakan tempat kremasi dan Upacara Ngaben. “Dengan jumlah 105 ribu warga yang beragama Hindu. Pemda DKI Jakarta telah menyediakan tanah pemakaman seluas dua hektare namun karena umat hindu jika meninggal tidak dikubur melainkan dikremasi maka kami berkomitmen untuk menyediakan tempat upacara ngaben dan kremasi,”imbuhnya.

Rencananya penyediaan Kremasi dan Upacara Ngaben tersebut akan di masukkan pada Aggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2018 mendatang.

“Mumpung saat ini masih penyusunan KUAPPAS maka kami akan masukkan penyediaan Kremasi dan Upacara Ngaben tersebut. Mudah-mudahan masih bisa masuk,”kata Anies.

Perlu diketahui Pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri sendiri telah lama dilakukan yakni dari tahun 2011 lalu. Pura Dalem tersebut merupakan Pura pertama yang ada di Jabodetabek, (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan saat ini telah berdiri sebanyak 29 Pura. (Edy)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *