Antisipasi Banjir, Bupati Kepsul Turun Tangan Bersihkan Selokan

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Mengantisipasi banjir pada musim penghujan sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggelar bakti sosial dengan membersihkan selokan. Pembersihan  selokan yang dipusatkan di lingkungan Desa Fagudu Kecamatan Sanana dipimpin langsung Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes.

Pantauan beritaLima,com di lokasi, bupati bukan hanya berdiri di tepi jalan dan memerintah staf  PNS untuk kerja.

Namun orang nomor satu di Kepulauan Sula itu juga ikut turun dan membersihkan sejumlah sampah dalam selokan. “Dari pulang kunjungan dari Fala Besahaya pas hujun, bupati kemudian lanjut dengan meninjau selokan. Saat melihat selokan yang dipenuhi dengan sampah, bupati kemudian perintahkan kami untuk hubungi instansi terkait dan saat mereka datang dan kerja ternyata bupati juga ikut turun,”ungkap Kabah Humas Pemda Kepsul, Basiludin Labesi, Selasa (28/1)

Sementara itu Bupati Hendrata pada wartawan usai melaksanakan bakti tersebut mengatakan, pihaknya berharap seluruh warga Kota Sanana tidak membuang sampah sembarangan, apalagi dalam selokan. Sebab, selain mengakibatkan banjir di musim penghujan buang sampah di sembarangan tempat juga merusak lingkungan. Saat ini tempat sampah sudah disediakan hampir di semua tempat. Saya berharap bisa dimanfaatkan warga agar tidak ada lagi yang buang sampah di selokan. Saya berharap seluruh warga tidak buang sampah sembarang apalagi di dalam got karena itu tidak baik buat lingkungan, apalagi saat ini mulai musim hujan,”ungkapnya.

Pihaknya juga meminta instnsi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar meningkatkan monitoring untuk  dapat mengambil langkah pencegahan sebelum terjadi bencana. “DLH dan BPBD harus aktif lakukan monitoring, bukan tunggu bencana datang baru turun. Kita harus kedepankan langkah pencegahan,”ujarnya [DN]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait