Antisipasi Kerawanan, Kapolres Bersama Dandim 0806 Trenggalek Pantau Langsung Pilkades

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com

Demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di wilayah hukumnya, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo bersama Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik Novianto, turun langsung ke daerah.

Didampingi beberapa perwira jajaran, dengan mengendarai sepeda motor trail mereka meninjau pengamanan serta kondisi tahapan pilkades serentak di beberapa desa pada Sabtu, tanggal 9 Februari 2019. Dengan tujuan pertama kunjungan pemantauan adalah beberapa desa di wilayah Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

“Kenapa di Watulimo, karena kebetulan di desa Tasik Madu itu jumlah daftar pemilih tetap (dpt)nya lebih dari 8000 jiwa. Itu sangat potensial terjadi kerawanan sehingga jadi tujuan pertama pantauan, selain memang nanti ada beberapa titik lagi,” jelas Kapolres kepada beritaliama.com di sela kunjungannya.

Kebetulan, lanjutnya, wilayah yang jadi tujuan pertama tadi adalah beberapa desa di Kecamatan Watulimo dengan letak geografis mayoritas pegunungan sehingga tepat jika menggunakan kendaraan jenis trail.

“ Kami berdua turun langsung dengan menggunakan trail ini sebenarnya agar efektif saja. Medannya mayoritas pegunungan,” imbuhnya.

Menurut AKBP Didit, tinjauan ini sifatnya lebih kepada rasa tanggung jawab terhadap kondusifitas wilayah.

“Jangan sampai ada gejolak, sebelum, saat pelaksanaan dan pasca pilkades. Pilihan boleh berbeda tetapi kerukunan harus tetap di jaga bersama,” ujar perwira murah senyum ini.

Senada dengan Kapolres, Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inf.Dodik Novianto mengatakan jika dirinya pun juga punya tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI sehingga harus ikut ambil bagian dalam memback-up kegiatan Polri di teritorialnya.

” Jangan sampai gara-gara pilkades, pileg dan pilpres nanti sendi-sendi kehidupan bermasyarakat terganggu. Disini, saya akan memback-up penuh kegiatan pengamanan agar gelaran pesta demokrasi ini berjalan aman, tertib dan lancar,” tandasnya.

Dari hasil peninjauan langsung dan laporan dijajaran, bisa disimpulkan bahwa tahapan pemungutan suara pilkades di Trenggalek terselenggara dengan aman dan lancar.

“Secara umum, hingga pelaksanaan pemungutan Pilkades serentak di Trenggalek masih relatif aman, tertib dan lancar. Semoga hingga akhir penghitungan suara nanti tetap kondusif,” pungkas Letnan Kolonel asli Jember itu.

Berdua, mereka berharap dan meminta dukungan seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama mendukung penuh TNI-Polri demi suksesnya Pilkades serentak ini. Masyarakat serta stakeholder lainnya harus saling menjaga kerukunan sehingga akan tumbuh suasana damai dan nyaman khususnya di Trenggalek. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *