Antisipasi Klaster Mudik Covid-19, Polda Malut Gelar “Tes Swab Antigen” Gratis

  • Whatsapp

TERNATE, BeritaLima.com – Jum’at (21/5) Kemarin Polisi Daerah (Polda) Maluku Utara laksanakan pemeriksaan kesehatan bagi penumpang angkutan laut di pintu masuk antar kabupaten/kota di provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Pada pemeriksaan kesehatan “Test Swab Antigen” yang dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Malut di Pelabuhan penyeberangan Bastiong Kota Ternate, pada Jumat dini hari bagi seluruh penumpang yang baru tiba dengan KM Ferry.

Kabid Humas Polda Maluku Utara Kombespol Adip Rojikan mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dini hari tadi dipimpin Kabid Dokes Polda Malut AKBP Dr. Mintarya Suryanto beserta petugas kesehatan Biddokes Polda Maluku Utara dibantu team pendukung dari Dit Samapta dan Dit Polairud Polda Malut.

Adapun sasarannya yaitu “Penumpang KMP. Sumber Raya 04 yang bertolak dari Kabupaten Halmahera Selatan tujuan Kota Ternate dengan melaksanakan pemeriksaan dini, untuk mengetahui sekaligus antisipasi bila ada penumpang yang positif Covid-19.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan tes Swab Antigen kepada 75 orang penumpang, 74 orang hasilnya non reaktif Cov-19 dan 1 orang dinyatakan reaktif Cov-19,” katanya.

Sementara Untuk penumpang inisial Y/ 26 Tahun yang terkonfirmasi reaktif Covid-19 di bawah ke RSUD Chasan Bosori guna menjalani pemeriksaan serta tindakan lebih lanjut.

Dalam himbauanya Kabid Humas meminta masyarakat baik yang melaksanakan aktifitas di pelabuhan penyeberangan maupun masyarakat yang baru saja melaksanakan mudik di kampung halaman agar tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) Covid-19.

“Apabila ada masyarakat yang merasa sakit atau memiliki gejala agar segera melaporkan kepada pemerintah desa(RT/RW), kelurahan atau segera datang ke fasilitas kesehatan pasien Covid-19 yang sudah disediakan pemerintah, dengan begitu kita dapat menekan angka penyebaran Cov-19 di wilayah Maluku Utara,” harap Kabid Humas. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait