Antisipasi Penyebaran Covid-19, Tahapan Pilkades Serentak Bondowoso Wajib Patuhi Prokes Ketat

  • Whatsapp
Penyerahan DPT oleh Ahmadi selaku Ketua Panitia Pilkades Ampelan pada masing-masing Calon di Balai Desa. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Bondowoso tahun 2021 sudah memasuki penyerahan daftar pemilih tetap (DPT) kepada masing-masing calon Kepala Desa bertempat di Pendopo Balai Desa.

Salah satunya Desa Ampelan Kecamatan Wringin yang sudah melaksanakan tahapan penyerahan DPT oleh Panitia Pilkades kepada para calon dengan didampingi langsung oleh Camat Wringin Suhaji, serta dari Babinsa dan Babinkamtibmas.

Ketua Panitia Pilkades Ampelan Ahmadi menyampaikan, demi menghindari kerumunan serta memunculkan klaster baru covid-19, maka masing-masing calon dilarang membawa simpatisan maupun pendukungnya. Jadi hanya calon Kades saja yang diperbolehkan datang ke kantor Balai Desa untuk pengambilan DPT.

“Sejak awal pelaksanaan tahapan Pilkades serentak ini kami sudah mendapatkan intruksi dari satgas covid-19 Bondowoso. Agar selalu menerapkan protokol Kesehatan secara ketat. Makanya di pintu masuk kita sediakan tempat cuci tangan dan wajib memakai masker,” ungkapnya Kamis (04/11) saat ditemui di lokasi.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan ini wajib dilaksanakan agar pihak panitia Pilkades tidak mendapatkan teguran baik dari Satgas covid tingkat Kecamatan maupun yang Satgas Kabupaten Bondowoso.

“Setiap ada pertemuan kami pastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Cuci tangan, pake masker, jaga jarak. Makanya tempat duduknya ini kita bikin berjauhan untuk menghindari kerumunan. Serta seminimal mungkin kehadiran massa,” tuturnya.

Selain itu, seluruh Panitia Pilkades sudah diwajibkan untuk divaksin, minimal vaksin tahap pertama. Begitu juga bagi para calon Kepala Desa maupun yang ikut mendampingi wajib memiliki kartu vaksin.

“Kita ingin pelaksanaan Pilkades ini tidak menimbulkan klaster baru. Makanya nanti pada pelaksanaannya tanggal 15 November akan dibentuk TPS di masing-masing dusun. Hal itu bertujuan untuk menghindari kerumunan masyarakat,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait